SOLOPOS.COM - Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dimeriahkan dengan Open House Laboratorium & Expo Produk Inovasi, Jumat (27/10/2023) di Gedung Fakultas Biologi. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Semarak Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dimeriahkan dengan Open House Laboratorium & Expo Produk Inovasi di Gedung Fakultas Biologi,Jumat (27/10/2023).

Sepanjang lorong lantai 2 dihiasi berbagai stand produk inovasi mahasiswa Fakultas Biologi yang turut mengisi gebyar acara. Puluhan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Salatiga, serta para guru pendamping, disambut penuh sukacita oleh Dekan Fakultas Biologi Drs Rully Adi Nugroho, M.Sc., Ph.D., dan segenap civitas academica.

Dalam kesempatan ini hadir siswa-siswi dan guru dari SMAN 1 Salatiga, SMAN 2 Salatiga, SMAN 3 Salatiga, serta SMA Kristen Satya Wacana.

Dalam sambutannya, Drs. Rully Adi Nugroho mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kehadiran siswa-siswi dan para guru. Menambah sukaria dalam Dies Natalis ke-61, Drs. Rully Adi Nugroho juga menyebut bahwa Program Studi (Prodi) S-1 Biologi dan Prodi S-1 Pendidikan Biologi dianugerahi predikat akreditasi Unggul belum lama ini.

Rully Adi Nugroho menyampaikan pesan kepada siswa-siswi SMA untuk memanfaatkan acara open house dan expo ini untuk mengenal lebih dekat tentang Fakultas Biologi.

Acara berlangsung kian mengasyikkan saat siswa-siswi diajak berkeliling ke laboratorium yang ada di Fakultas Biologi. Tak hanya berkeliling, siswa-siswi berkesempatan melakukan praktikum secara langsung mengenai Isolasi DNA dan Kultur jaringan secara bersama-sama dipandu langsung oleh laboran.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Biologi, Dr. Elizabeth Betty Elok Kristiani, M.Si menyebut kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan tentang dunia perkuliahan dan mengajak siswa untuk lebih dekat dengan bidang Ilmu Biologi melalui praktikum di laboratorium.

“Tujuan pertama kegiatan ini adalah mengajak siswa untuk mengenal lebih dekat tentang dunia universitas terutama dengan Fakultas Biologi UKSW dan menambah wawasan dengan melakukan praktik langsung di laboratorium. Tujuan kedua memantik keinginan siswa untuk lebih tertarik dengan Biologi,” tuturnya.

Turut hadir dosen dan laboran dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini antara lain Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 Fakultas Biologi Dr. Sri Kasmiyati, M.Si., Kepala Laboratorium Andreas Binar Aji Sukmana, S.Si., serta Laboran Nanuk Tri Setyorini, S.Si., dan Joko Sulistyo Wartanto, S.Si.

Suasana praktikum yang bersemangat dan santai menyalakan antusiasme siswa dalam melakukan kegiatan. Siswa SMA 1 Salatiga, Alisha Farzana Balqis mengungkapkan kegiatan yang dilakukan memberikan pengalaman dan wawasan baru baginya.

“Saya sangat penasaran dan antusias dengan apa yang dilakukan di sini. Ini menjadi pengalaman baru bagi saya. Senang sekali mendapatkan kesempatan mengikuti Open House Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi,” bebernya.

Dalam kegiatan ini, peserta juga dapat mengunjungi berbagai stand inovasi mahasiswa Biologi dan mencicipi secara langsung produk-produk makanan dan minuman yang dipamerkan.

Berbagai produk tersebut antara lain susu herbal ocean immune products yang terbuat dari susu dan bunga telang, bubur tepung garut, Sima Drink berupa minuman fermentasi lemon dan kismis, serta dragon fruit wine.

Selain itu, berbagai stand inovasi media pembelajaran juga turut mengisi kemeriahan acara. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi, antara lain Sharing Studi Lanjut Bersama Alumni, Jalan Santai dan Outbound, Sharing Ilmiah tentang magang.

Sementara itu, kegiatan Open House Laboratorium & Expo Produk Inovasi sekaligus menjadi penutup rangkaian Dies Natalis ke-61 Fakultas Biologi.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya