SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan pengumuman penerbitan Perppu Cipta Kerja di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (30/12/2022). (Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto, akan menggelar pertemuan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Kamis (27/4/2023) malam ini. Pertemuan itu pun disinyalir akan membahas langkah KIB ke depan menyusul keputusan PPP yang telah mengumumkan pencalonan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

“Iya, nanti malam akan ada pertemuan [KIB] jam setengah 9,” ujar Airlangga saat dijumpai di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Lebih lanjut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu memerinci beberapa tokoh yang akan hadir dalam pertemuan itu. Salah satu tokoh yang hadir adalah Plt Ketua Umum (Ketum) PPP, Muhamad Mardiono. Sementara Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dipastikan tidak hadir dalam pertemuan itu.

“Enggak Pak Prabowo tidak ikut. [Kalau PPP] ikut ikut. Pak Mardiono akan hadir,” tegasnya.

Meski demikian, Airlangga memastikan jika hubungan Golkar dan Gerindra saat ini masih dalam taraf baik. Meski pun Prabowo tidak hadir dalam pertemuan KIB itu.

“[Hubungan Gerindra-Golkar] kedekatannya baik-baik saja,” ucapnya. Airlangga juga menegaskan bahwa KIB akan melakukan pertemuan lanjutan dalam waktu dekat. “Ya, mungkin minggu-minggu depan,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Airlangga juga angkat bicara mengenai PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pilpres 2024. Menurutnya, hal itu merupakan hak dari partai politik berlambang ka’bah.

Namun, ditegaskannya bahwa Golkar pun masih memiliki sikap tetap pada putusan hasil musyawarah nasional (Munas) untuk mengusung Ketum Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

“PPP kan baru memutuskan. Kalau Golkar sudah lama melalui munas,” ucapnya.

Selanjutnya, Airlangga berkelakar bahwa pertemuan KIB pada malam ini juga mengartikan bahwa koalisai dari Partai Golkar, PAN, dan PPP itu belum memiliki sinyal untuk membubarkan diri. “Ya, karena nanti ketemu berarti kan tidak bubar, hahaha,” canda Airlangga.

Zulhas Angkat Bicara

Terpisah, Ketum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau yang karib disapa Zulhas, membenarkan akan ada pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golongan Karya Airlangga Hartarto dan Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Muhammad Mardiono di kediaman Airlangga di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

“Jadi nanti malam saya ketemuan KIB [Koalisi Indonesia Bersatu] dengan Pak Airlangga, sudah dirancang sebelum Lebaran,” ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis.

Tak hanya itu, dia menyebutkan bahwa pihaknya tetap menghormati keputusan PPP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. “Tentu apa pun keputusan partai kita hormati. Kan, partai itu masing-masing independen,” katanya.

Kendati demikian, saat ditanyakan apakah PAN juga akan mengusung Ganjar, Zulhas mengatakan hal itu diputuskan setelah bertemu dengan anggota KIB lainnya. “Ya, ketemu-ketemu dulu. Nanti, kan, dengan KIB. Mudah-mudahan waktu dekat juga partai pendukung pemerintah kumpul gitu, ya. Ya, ngomong-ngomong, ngopi bareng,” jawabnya. Sementara itu, Zulhas juga memilih irit bicara terkait dengan spekulasi KIB akan bubar setelah PPP mengusung Ganjar. “Nanti, kan, kita ketemu,” pungkas Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya