SOLOPOS.COM - Air Asia (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Air Asia (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO-Penutupan penerbangan Air Asia rute Solo-Kuala Lumpur Malaysia per 2 September 2012 diyakini akan mengancam promosi pariwisata Solo.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Rencana pengembangan pasar wisata ke Malaysia yang telah dirancang intens terutama sejak dihelat Bengawan Solo Travel Mart (BTM) 2012 akhir April silam pun bisa berantakan.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia Solo (BPPIS), Hidayatullah Al Banjari, mengatakan penutupan rute Solo-KL pasti akan berdampak luas. Salah satunya, terkait kelanjutan paket-paket wisata yang saat BTM lalu ditawarkan seller lokal dan ditangkap buyer asal Malaysia.

“Akan berdampak pada realisasi paket-paket wisata yang saat ini sedang dipasarkan travel agent Malaysia di negaranya” tandas Hidayat, saat dihubungi solopos.com, Rabu (23/5/2012).

Bukan itu saja, menurut dia, penutupan direct flight tersebut bakal membuat upaya menggarap pasar Malaysia kian berat. Padahal, di satu sisi, tahun ini BPPIS bersama pelaku wisata Solo sedang serius merintis pengembangan pasar di Negeri Jiran tersebut.

Ketua Asita, Suharto, mengakui belakangan ini jumlah turis asal Malaysia meningkat. Meski belum mampu menyaingi wisatawan domestik, turis Malaysia paling banyak menyambangi Solo dibandingkan negara-negara terdekat lain.

Turis asal Malaysia juga dikenal paling doyan menghabiskan uang untuk berbelanja saat jalan-jalan di Solo. “Komposisi turis Malaysia memang masih sekitar 10%. Tapi trennya meningkat,” ujar dia.

Sementara itu, bagi kalangan hotel, penutupan penerbangan Air Asia rute Solo-KL akan langsung berdampak pada jumlah tamu hotel asal negara tersebut. General Manager De Solo Boutique Hotel, Iskandar, mengaku khawatir tamu asal Malaysia yang belakangan ini mulai ramai bisa berkurang bahkan hilang.

Hal senada disampaikan Public Relation Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari. Kepada solopos.com, dia menjelaskan potensi Malaysia sangat bagus untuk digarap. Retno tak menampik akan banyak potensi yang hilang gara-gara penutupan direct flight Solo ke Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya