SOLOPOS.COM - AIESEC Future Leaders (AFL) in Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan secara hybrid (luring dan daring). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – AIESEC Future Leaders (AFL) in Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan secara hybrid (luring dan daring).

AFL merupakan wadah untuk mengembangkan dan melatih jiwa kepemimpinan generasi muda melalui kegiatan dan sesi interaktif dengan topik yang relevan dengan kebutuhan pemuda saat ini. Pada musim ini, AFL mengangkat tema Train to Success Land: The Survival Begin. Topik ini berfokus pada persiapan masa depan mulai dari karier hingga keuangan dengan membangun management skill, critical thinking dan brainstorming.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Acara yang diselenggarakan pada 16 April – 9 Juli 2023 ini menghadirkan para pembicara yang berkompeten di bidangnya. Terdapat enam pembicara yaitu Ahnaf Fairuzuhdy Aslam (Chief Executive Officer di Bersinar), Dhita Chandra (Presiden AIESEC UGM 22/23), Muhammad Dzakwan Nabil (karier dan iklim influencer), M. Wira Adibrata (Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jawa Tengah 2), Veren Geby Salim (Pasar Modal Ekuitas di PT BCA Sekuritas) dan Sadam Permana (mahasiswa berprestasi Fakultas Hukum Universitas Indonesia). Keenam pembicara menyampaikan materi dengan topik seputar persiapan karier, keuangan, management skill, hingga critical thinking.

Dhita Chandra menyampaikan pentingnya memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku, pikiran dan emosi secara produktif, serta cara menjadi unggul secara pribadi dan profesional. “Pemuda juga harus memiliki tanggung jawab untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Ia menekankan juga bahwa pengorganisasian dan perencanaan efektif waktu antara kegiatan yang berbeda juga harus menjadi skill penting yang harus dikuasai oleh pemuda. Diskusi pada acara AFL musim ini mengangkat isu yang sedang hype dan penting di kalangan anak muda seperti manajemen waktu dan manajemen diri, keuangan baik keuangan pribadi maupun investasi juga berbicara tentang karier.

Manajemen Waktu dan Berpikir Kritis

Pemuda harus memiliki manajemen waktu yang baik dan mampu berpikir kritis. Kemampuan untuk mengatur perilaku, pikiran dan emosi secara produktif harus dimiliki para pemuda. Untuk mempersiapkan karier masa depan tidak hanya membutuhkan technical skill, namun juga soft skill yang mencakup manajemen waktu yang baik.

Selain itu, kemampuan untuk berpikir kritis dan brainstorming juga penting untuk dikuasai pemuda. Mampu berpikir kritis akan membantu pemuda untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan kemampuan brainstorming akan membantu pemuda dalam menciptakan ide yang kreatif dan berkualitas. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan cara dan metode yang baru akan membantu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan brainstorming.

Persiapan Karier

Menguasai soft skill dan technical skill, serta memiliki pengalaman yang relevan menjadi bekal utama pemuda dalam persiapan karier masa depan. CV dan Linkedin menjadi alat untuk merepresentasikan bekal tersebut secara rinci dan professional.

Oleh karena itu, pembuatan CV harus diperhatikan dengan seksama. Apa yang boleh dan tidak boleh dicantumkan harus dipertimbangkan dengan matang. Linkedin menjadi platform untuk menunjukkan prestasi dan pengalaman profesional. Penting untuk memaksimalkan profil Linkedin dan membangun personal branding di Linkedin.

Personal Finance dan Investasi

Memahami pengelolaan keuangan secara pribadi dan menetapkan tujuan keuangan menjadi hal penting yang harus dikuasai pemuda. Selain itu, memahami cara yang tepat untuk mengatur kebutuhan keuangan untuk hal-hal penting dan membelanjakannya untuk kebutuhan gaya hidup juga harus dipahami pemuda. Umumnya pemuda mudah terhasut dengan gaya hidup konsumtif dan berfoya-foya sehingga penting bagi pemuda dapat mengelola keuangan secara bijak.

Investasi saat ini mulai dilirik oleh banyak pemuda. Mereka sudah mulai mencari informasi dan melakukan inovasi. Sebelum melakukan investasi, penting bagi pemuda untuk memahami cara kerja investasi, manfaat investasi untuk jenis instrumen investasi masa depan berdasarkan jangka waktu dan berdasarkan risiko. Pemuda harus memahami cara memulai investasi untuk pemula dan hal-hal yang harus dihindari saat berinvestasi.

Kesuksesan AIESEC Future Leader tidak akan mungkin tercapai tanpa dukungan dan kolaborasi dari mitra Kita Progresif. AIESEC in UNS mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada organisasi Kita Progresif atas kontribusi berharga yang telah diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya