SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) saat pertemuan di Plataran Hutan Kota, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6/2023). (Antara/Asprilla Dwi Adha)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) siap mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Namun penentuan cawapres ditentukan oleh Anies Baswedan yang mendapatkan mandat dari tiga partai anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

“Demokrat sudah siap dari awal. Kita sudah siap, sudah semangat, intinya ingin segera [cawapres Anies diumumkan]. Tapi kan tidak semua dalam kontrol kita,” ungkap AHY saat menyapa kadernya di Kantor DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023).

Seperti diketahui, selain Partai Demokrat ada PKS dan Partai Nasdem yang menjadi anggota KPP.

AHY menyatakan semua keputusan terkait cawapres harus melalui pembahasan bersama ketiga partai.

Putra sulung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini meminta kadernya tak perlu khawatir.

Dia ingin kadernya fokus menemui masyarakat.

“Saya hanya minta semua kader kita semangat, enggak perlu khawatir, kapan deklarasi, jadi atau enggak jadi. Pokoknya kerja saja dulu. Kerja dulu, temui rakyat,” ujar AHY.

Tiga bakal capres yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, memang sama-sama saling menunggu untuk menentukan calon wakil presiden (cawapres).

Pasalnya, cawapres dinilai sangat menentukan dalam perolehan suara pasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

Termasuk yang terjadi pada  yang sudah mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres.

Partai Demokrat mengaku siap jika sang ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diusung sebagai cawapres Anies Baswedan.

Diumumkan Segera

Sementara itu Anies Rasyid Baswedan menyatakan belum bisa menyampaikan siapa bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 14 Februari 2024.

Anies meminta semua pihak bersabar.

“Nanti pada waktunya diumumkan,” kata Anies singkat menjawab pertanyaan wartawan seusai menghadiri bimbingan teknis bakal caleg PKS di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Mengenai pertemuan dengan jajaran pengurus partai pada bimtek tersebut juga dihadiri Presiden PKS Ahmad Syaikhu, kata Anies, untuk bersilaturahmi dengan para kader maupun bakal caleg PKS.

“Alhamdulillah, kami bersyukur sekali bisa bersilaturahmi bersama dengan Presiden PKS dalam Bimtek Caleg se-Sulawesi,” kata mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta ini.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kesempatan bersilaturahmi dan berkonsolidasi.

Harapannya, pesan tentang mengutamakan keadilan di dalam kebijakan-kebijakan dibuat pemerintah bisa makin menyebarluas di masyarakat.

“Kami yakin bahwa masyarakat pun menginginkan kebijakan yang terjadi, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan sampai di bidang penegakan hukum,” tuturnya.

Sebab, esensi kehidupan di negara Indonesia dapat menghadirkan rasa keadilan. Hal inilah, kata dia, disampaikan dalam bimtek tersebut.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “AHY Ungkap Alasan Cawapres Anies Tak Kunjung Diumumkan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya