SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers selepas dia menyampaikan pidato politiknya di Jakarta, Jumat (14/7/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Solopos.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpendapat pemilihan umum (pemilu) di Indonesia tidak didesain untuk memilih calon pemimpin terbaik, tetapi hanya jadi ajang kontestasi bagi calon pemimpin yang banyak duit.

AHY pun berpendapat, hal itu menjadi indikasi bahwa ada kemunduran demokrasi di Indonesia. Akibatnya, pemimpin di Indonesia bukan didominasi yang memiliki kapasitas mumpuni namun sekadar yang bisa ‘membeli’ suara di pemilu. “Demokrasi kita tidak didesain untuk memilih pemimpin terbaik tapi menjadi kontestasi “isi tas”. Kita berharap ke depan kita bisa membangun SDM dari calon pemimpin kita bukan yang punya isi tas, tapi memilih yang memiliki kapasitas. Jangan sampai putra-putra terbaik gugur duluan karena tidak bisa membeli suara,” ujar AHY seperti yang disiarkan kanal YouTube Fisipol UGM, dikutip Jumat (21/7/2023).

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Dia pun berharap Pemilu 2024, yang hari pemungutan suaranya kurang dari tujuh bulan lagi, jadi momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia. Apalagi, lanjutnya, demokrasi merupakan syarat penting untuk menjadi negara maju. “Demokrasi ini bukan hanya menjadi buzz word, tetapi yang benar-benar harus bisa menjamin apakah Indonesia bisa semakin maju negaranya dan bisa semakin sejahtera rakyatnya,” ucapnya.

AHY pun mengajak generasi muda untuk tidak takut berbicara. Menurutnya, kebebasan bersuara merupakan napas dari demokrasi. Dia berpendapat, anak muda merupakan penggerak sejarah penting di negeri ini. Oleh sebab itu, perannya sangat berpengaruh agar tak kembali terjadi krisis demokrasi.

“Do something [perbuat sesuatu] sebelum terlambat, sebelum krisis. Jangan sampai ‘98 terjadi lagi, jangan sampai ‘65 terjadi lagi,” ucap AHY.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul AHY: Pemilu Hanya Jadi Kontestasi Calon Pemimpin yang Punya Banyak Uang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya