SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 10.184 personel gabungan akan dikerahkan untuk menjaga keamanan pelantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta yang diagendakan pekan ini.

“Untuk mengawal kelancaran pelantikan Pak Ahok, kami akan kerahkan 10.184 personel gabungan,” kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono di sela-sela upacara pengamanan menjelang pelantikan Gubernur DKI Jakarta di Jakarta, Senin (17/11/2014).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ia menjelaskan personel gabungan itu terdiri atas aparat dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemda DKI Jakarta.

“Ini merupakan bentuk kesiapan aparatur untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menyambut proses pelantikan,” kata mantan Kapolda Jawa Timur ini.

Ketika ditanya terkait apakah sudah ada laporan dari ormas-ormas yang akan melakukan demonstrasi, Unggung mengatakan sampai saat ini belum ada.

“Biasanya H-3 sudah ada laporan kalau ada demo, tapi sampai pagi ini belum ada. Semoga saja tidak ada,” ujar jenderal berbintang dua itu seprti dilansir Antara.

Namun, mantan Kepala Korps Brigade Mobil (Brimob) itu mengimbau kelompok masyarakat jika ada demonstrasi maka diharapkan tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan kekacauan.

“Dengan hormat saya harapkan kalau ada demo, jangan sampai anarkis,” katanya.

Di samping itu, Unggung juga menambahkan, Polda tidak akan melakukan penutupan jalan karena hal itu nantinya akan mengganggu kesibukan masyarakat.

“Kami akan laksanakan secara situasional, tidak ingin mengganggu masyarakat,” ujar dia.

Pada bagian lain, Ahok mengaku tidak akan ikut campur terkait pengamanan pelantikannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

“Tugas saya hanya mengenyangkan perut masyarakat DKI,” kata Ahok di Lapangan Dirlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, seperti dilansir Detik, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya