SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, Walikota London Boris Johnson (kiri) dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) olahraga bersama di Bundaran Hotel Indonesia Minggu (30/11/2014). Boris menyerahkan sepeda secara simbolis kepada Pemprov DKI Jakarta. (Akhirul Anwar/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Wali Kota London, Boris Johnson, mengatakan akan membantu persiapan pelaksanaan Asian Games Jakarta 2018. Menurutnya, London berpengalaman dalam pelaksanaan Olimpiade 2012 lalu.

Boris Johnson dalam keterangannya kepada pers di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (30/11/2014), mengatakan London memiliki pengalaman dalam menyiapkan infrastruktur tempat tinggal atlet, transportasi, persiapan tempat olahraga, dan sebagainya.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Kami berpengalaman untuk itu, mungkin kami akan bekerjasama dengan Jakarta,” katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan siap bekerjasama dengan London. Namun dia masih menunggu surat keputusan dari penanggung jawab komite untuk Asian Games. “Kita pengin Asian Games sukses, kita ingin ada Olimpiade juga, kita mau belajar dari mereka,” jelasnya.

Tetapi menurut Ahok, apa yang dipersiapkan oleh Jakarta saat ini terlalu mepet karena London menyiapkan infrastruktur 10 tahun sebelumnya. Jakarta harus mengejar persiapan yang hanya tinggal empat tahun lagi.

Infrastruktur yang perlu dibangun adalah venue olahraga, alat transportasi, dan aparteman. Untuk sementara MRT akan menjadi andalan meskipun baru sampai Bundaran HI. “Kita mau bangun apartemen dengan HI. Untuk aparteman akan dibangun bersama swasta seperti di UNJ dan tanah-tanah TNI.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya