SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Ahok Gubernur DKI menginginkan pembenahan Ibu Kota Jakarta mengikuti konsep Kota Chicago di Amerika Serikat.

Solopos.com, JAKARTA – Pembenahan Ibu Kota Jakarta mengikuti konsep Kota Chicago di Amerika Serikat.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Pada awalnya, Kota Chicago hampir sama semrawutnya seperti Jakarta, terlalu banyak gedung bertingkat. Tapi kemudian pemerintahnya mengambil langkah untuk membangun sistem transportasi,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (16/1/2015).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Chicago untuk membenahi kotanya pada saat itu adalah membangun moda transportasi Light Rail Transit (LRT).

Jenis transportasi tersebut, sambung dia, dibangun jauh di atas permukaan tanah atau jalur melayang (elevated) di antara gedung-gedung pencakar langit yang ada di kota tersebut.

“Rencananya, kita juga mau membuat model transportasi yang seperti itu. Kita tahu ruas jalan disini [Jakarta] sudah telanjur sempit, dan LRT itu tidak akan ‘memakan’ ruas jalan,” ujar Ahok.

Oleh karena itu, mantan bupati Belitung Timur itu menuturkan sampai dengan saat ini pihaknya masih terus membahas konsep transportasi tersebut untuk diterapkan di wilayah Kota Jakarta.

“Untuk pembangunan LRT, saat ini kita masih berada dalam tahap pembuatan desain rute yang dilakukan oleh dua BUMD DKI, yaitu Pembangunan Jaya dan Jaya Konstruksi,” tutur Ahok.

Selain LRT, dia menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga sedang membangun transportasi serupa LRT, yaitu Koridor 13 Busway Transjakarta jenis layang (elevated) yang membentang dari Ciledug hingga Tendean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya