SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Antara/Agus Trimukti)

Agenda Wapres Jusuf Kalla meluncurkan Kota Cerdas Indonesia. JK menyinggung soal Adipura yang mengingatkannya pada debat Pilpres 2014.

Solopos.com, JAKARTA – Penghargaan Adipura mengingatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait momen Pilpres 2014 lalu. Ia pun menyinggung penghargaan kebersihan lingkungan tingkat kotamadya itu saat memberikan pidato peluncuran Kota Cerdas Indonesia di Jakarta Convention Center Jakarta, hari ini.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“Sebenarnya selama ini orang kota banyak disampaikan, apabila bicara lingkungan, orang bicara Adipura yang jelas bukan Kalpataru,” kata JK yang kemudian diam beberapa detik menunggu respons audiens memberi aplaus, Selasa (24/3/2015).

Sebenarnya hal yang lumrah jika membicarakan penghargaan Adipura karena topiknya tentang kenyamanan tinggal di kota. Namun seketika itu juga, seisi ruangan di Cendrawasih Room gemuruh memberi tepuk tangan karena wapres menegaskan Adipura jelas berbeda dengan Kalpataru.

Seperti diketahui, pada sesi debat capres dan cawapres 6 Juli 2014, cawapres nomor urut satu Hatta Rajasa menyinggung soal DKI Jakarta dan Kota Solo yang dipimpin oleh Jokowi belum pernah mendapat penghargaan Kalpataru.

JK waktu itu menyayangkan pemahaman Hatta yang sudah lama di pemerintahan tidak bisa membedakan Adipura dan Kalpataru. Ia kemudian menjelaskan Adipura untuk pengelolaan lingkungan tingkat kota dan Kalpataru untuk perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup.

Sementara itu, dalam acara peluncuran indeks kota cerdas Indonesia yang diselenggarakan Harian Kompas dan Perusahaan Gas Negara (PGN) tersebut, JK mengatakan Adipura sudah lama menjadi bagian dan ukuran-ukuran kebanggaan sebuah kota.

JK menambahkan ukuran kota yang menarik juga harus berfungsi secara ekonomi, menarik untuk industri dan perdagangan yang bisa memberikan dampak ekonomi yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya