SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Agenda Presiden melawat ke Jepang diisi pertemuan dengan pebisnis Jepang. Jokowi menegaskan politik Indonesia stabil untuk investasi.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan situasi politik di Indonesia terjamin stabil untuk investasi.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Saya sampaikan stabilitas politik di Indonesia memberikan jaminan pada posisi yang stabil dan baik karena selama ini banyak dikeluhkan investor,” kata Jokowi di hadapan 1.200 pengusaha Jepang dalam acara Indonesia Business Forumdi Hotel New Otani Tokyo, Selasa (24/3/2015).

Jokowi mengakui hubungan Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin selama 57 tahun semakin bersahabat dan ia sangat menghargai kontribusi investor Jepang kepada Indonesia.

“Pada 2015 target pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,7 persen dan akan terus membaik lagi sampai di atas 7 persen,” kata dia.

Ia menambahkan realisasi investasi di Indonesia naik signifikan dalam 2007-2010 menunjukkan Indonesia sangat menarik sebagai negara tujuan investasi.

Investasi asing, kata dia, terus naik di mana posisi Jepang di Indonesia sebagai negara investor terbesar kedua namun ia yakin Jepang akan berada pada posisi pertama sebagai investor terbesar di Indonesia mulai tahun ini.

“Saya akan bangun kawasan ekonomi khusus di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Kita tidak ingin terkonsentrasi di Pulau Jawa saja tapi juga di kawasan timur Indonesia dan saya ingin peluang ini dimanfaatkan oleh pengusaha Jepang,” kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Presiden juga memaparkan rencana pembangunan pelabuhan atau seaport dan deep seaport sebanyak 24 pelabuhan besar melalui APBN dan sebagian pendanaannya melalui swasta.

Beberapa proyek besar yang juga akan dikembangkan pemerintah yakni proyek tol laut, industri perikanan, airport, dan pembangkit tenaga listrik.

Presentasi itu disampaikan dengan harapan banyak investor Jepang semakin berminat untuk berinvestasi atau memperluas investasinya di Indonesia sekaligus agar mereka memperoleh gambaran tentang potensi yang mungkin digarap di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya