SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi melayani foto warga di warung makan ayam goreng Mbah Karto Tembel di Jl. Jaksa Agung R. Suprapto, nomor 8 Jombor, Sukoharjo, Sabtu (29/11/2014). (iskandar/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO—Di sela-sela agenda Presiden Jokowi ke Wonogiri, Sabtu (29/11/2014), siang tadi Jokowi bersama rombongan makan siang di warung makan ayam goring Mbah Karto yang terkenal dengan sambel blondonya.

Pemilik warung makan Mbah Karto, Fauzan Sulur menceritakan, Jokowi dan rombongan memesan makan siang di warung miliknya secara mendadak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pihaknya menerima pesanan, sekitar pukul 10.00 WIB melalui seorang intel Korem melalui telepon.

“Biasanya satu hari sebelumnya sudah pesan. Tadi Pak Jokowi tidak pesan berapa porsi, tapi pesannya sampai secukupnya, sampai seberapa yang hadir selain rombongannya, ada Paspampres, Pak Bupati, Pak Kapolres, Pak Dandim dan sebagainya,” papar Fauzan.

Dia mengutarakan, saat rombongan Jokowi masuk warung, di dalam masih ada pengunjung yang makan. Tapi pengunjung tersebut tetap dipersilakan melanjutkan makan.

Menurut Fauzan, biasanya ketika Jokowi dan Iriana datang ke warungnya, tetap mempersilakan pengunjung lain masuk ke warung untuk makan.

“Tadi sebagian masih ada (pengunjung warung). Beliau sama Ibu Negara kalau masuk sini juga mempersilakan pengunjung lain masuk,” jelas Fauzan.

Menurut dia, Jokowi dan istri sudah menjadi langganan warung ayam goreng miliknya sejak masih menjadi pengusaha mebel, menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden ini.

“Saya kenal Pak Jokowi sudah lama ketika masih jadi pengusaha mebel dan dia sering ke sini [warung Mbah Karto]. Saat jadi Wali Kota Solo, Pak Jokowi satu pekan sekali pasti datang ke sini. Pas jadi Gubernur Jakarta dulu ke sini dua sampai tiga pekan sekali,” terang Fauzan.

Tapi ketika menjadi Presiden, kata dia, Jokowi baru dua kali ke warungnya. Kunjungan pertama kira-kira pada akhir Oktober.

Ketika itu, malam sebelum datang, ibunda Jokowi yang menelepon melalui Paspampres pukul 00.00,” ujar Fauzan.

Ditanya wartawan apa makanan kesukaan Jokowi dan istrinya saat jajan di warungnya, Fauzan mengatakan Jokowi menyukai ayam goreng spesial dan sambel blondho [sambel hitam].

“Kalau minuman kesukaan Jokowi itu teh panas dikasih tambahan es batu,” kata Fauzan.

Saat ditanya apakah sempat ngobrol dengan Jokowi, Fauzan mengakuk tak sempat. Tapi ketika bertemu Jokowi sempat menyapa, “Piye kabare [bagaimana kabarnya]?”

Fauzah mengaku kenal Jokowi sudah lama karena dulu mereka sama-sama berbisnis mebel dan kayu lawasan.

Karena itu tak heran Jokowi senang berkunjung ke warungnya yang arsitekturnya bernuansa Jawa dengan dinding gebyok lawasan sederhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya