SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Agendra Presiden Jokowi di Istana Bogor ini diwarnai pelepasan ratusan burung yang dibelinya sendiri di Pasar Burung Pramuka, Jakarta Timur.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menikmati hari libur dengan beraktivitas di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga aktif di media sosial. Lewat akun Twitter @jokowi, Jokowi pada pukul 12.00 WIB berkicau bahwasanya baru saja melepaskan 190 ekor burung di Kebun Raya Bogor.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Hari ini saya lepas 190 ekor burung di Kebun Raya Bogor. Kita harus jaga terus ekosistem -Jkw,” kata Presiden di twitter, Minggu (3/1/2016).

Di akun tersebut juga diunggah foto Jokowi mengenakan jaket biru tua, celana hitam dan sepatu olahraga putih sedang jongkok sendirian. Di kedua tangannya memegang burung puter warna putih yang kemudian diterbangbebaskan ke alam liar.

Beberapa jenis burung lain terlihat masih berada dalam sangkar. Lokasi pelepasan burung berada di tanah lapang areal Kebun Raya Bogor. Di sekitar Jokowi melepas burung terdapat pepohonan besar yang rimbun.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana mengatakan pelepasan burung di Kebun Raya Bogor berlangsung dalam suasana santai tanpa protokoler. Berbagai burung yang dilepas antara lain jalak kebo, jalak nias, jalak biasa, kapasan, puter, perkutut, kutilang sutra, kutilang biasa, dan trucuk.

Menurut Ari Dwipayana, sebelumnya Presiden juga pernah melepas ratusan burung ke alam terbuka di Istana Merdeka dan Istana Kepresidenan Bogor pada bulan Februari 2015. Selain itu juga pernah melepas ikan ke aliran Sungai Ciliwung dan kolam Kebun Raya Bogor.

“Tujuan Presiden melepas burung dan ikan ini agar ekosistem alam tetap terjaga dengan baik, terutama di kawasan perkotaan,” kata Ari dalam keterangan pers hari ini Minggu (3/1/2016).

Dijelaskan Ari, Presiden mengamati jumlah burung semakin berkurang apalagi di Istana Kepresidenan Jakarta. Oleh sebab itu Presiden menginginkan agar ekosistem burung di Istana Kepresidenan Bogor dan Kebun Raya Bogor tetap terjaga perlu diperbanyak.

Ratusan burung yang dilepas Presiden berasal dari Pasar Burung Pramuka Jakarta Timur. Jokowi ditemani oleh putranya memilih dan membeli langsung di Pasar Burung Pramuka pada Sabtu (2/1/2016).

Di pasar burung itu, Presiden menyusuri satu per satu kios pedagang yang hanya didampingi ajudan dan beberapa anggota paspampres. Tidak ketinggalan, Jokowi menyapa masyarakat yang sedang berkunjung di pasar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya