SOLOPOS.COM - Kios-kios di Terminal Kartasura di Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo, buka pada Selasa (15/3/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Mendekati momentum Lebaran 2022, lonjakan penumpang yang turun di Terminal Kartasura, Sukoharjo, tak terlihat signifikan. Behkan beberapa angkutan umum bus memilih tak singgah ke terminal tipe B itu dan langsung melewati jalur tol menuju tempat tujuan.

Hal itu disampaikan Koordinator Terminal Kartasura, Agung Cahyono Hadi, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (29/4/2022). “Sudah lumayan [armada masuk ke terminal]. Tapi sayang untuk AKAP [Antar Kota Antar Provinsi] sekarang banyak yang naik tol di Klodran, baik dari arah Wonogiri maupun Tirtonadi, demikian [juga] dari Jawa Timur ke Jakarta,” jelasnya. Sementara itu, berdasarkan data rekapitulasi arus penumpang masa Lebaran 2022 Terminal Kartasura sejak Minggu (24/4/2022) Hingga Rabu (27/4/2022) terus mengalami kenaikan.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Pada Minggu lalu, total jumlah bus AKAP maupun AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) yang datang maupun berangkat di Terminal Kartasura ada 115 bus, dengan 322 penumpang kedatangan maupun keberangkatan. Pada hari berikutnya terjadi kenaikan dengan total armada datang dan berangkat sejumlah 127 bus dengan 323 penumpang datang dan berangkat.

Pada Selasa (26/4/2022), jumlah armada bertambah 2 sehingga total bus sejumlah 129, dengan jumlah penumpang 357 orang. Sementara pada Rabu jumlah penumpang maupun armada sedikit mengalami penurunan dengan jumlah total 127 bus dan 347 penumpang.

Koordinator Terminal Sukoharjo, Sumaryadi, menyatakan keberadaan tol membuat beberapa armada tidak singgah di Terminal. Dia menyebut belum ada kenaikan jumlah armada maupun penumpang yang singgah di Terminal Sukoharjo, Jumat.

Baca juga: Jelang Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Terminal Sukoharjo

“Berdasarkan pantauan tadi malam sampai pagi ini, bus AKAP yang masuk di Terminal Sukoharjo masih normal, belum ada lonjakan. Kemungkinan bus-bus mudik datang lebih awal pada malam hari pukul 02.00 WIB-04.00 WIB tidak singgah di Terminal Sukoharjo,” katanya saat dihubungi Solopos.com secara terpisah.

Dalam wawancara sebelumnya, Sumaryadi menyebu lonjakan penumpang di terminal itu diperkirakan terjadi setelah Hari Raya Idulfitri karena banyaknya pemudik yang akan kembali ke perantauan.

“Untuk akhir Ramadan seperti ini biasanya sepi rata-rata sekitar 67-80 bus yang datang. H-3 atau H-2 [Lebaran] nanti ramai sekitar 90-135 bus. Kalau untuk [terminal] tipe B kan hanya untuk transit, tidak ngetem jadi hanya untuk lewat. Kalau H+ baru nanti ada lonjakan sekitar 45-60 persen kenaikan penumpang,” ujarnya.

Baca juga: Alhamdulillah, Dua Bus Mudik Gratis Lebaran 2022 Tiba di Sukoharjo

Dia menambahkan sementara ini sesuai arahan dari pimpinan mulai Senin (25/4/2022) sudah ada persiapan posko pengamanan di Terminal Sukoharjo. Namun demikian pada Selasa hingga Kamis malam kenaikan arus belum tampak, baik penumpang ataupun bus belum ada yang memadati terminal.

Terpisah, ditemui Kamis (28/4/2022) dalam kunjungannya ke Pospam Kartasura, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan telah menyiapkan rekayasa-rekayasa lalu lintas untuk mengurai apabila terjadi kemacetan. Dia menyebut pada Kamis sudah terlihat adanya peningkatan keramaian arus mudik.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran Polres Boyolali, Polres Klaten, dan Polresta Surakarta dalam mengurai kemacetan di Kartasura. “Jadi di Kartasura ini arus lalu lintas sangat padat, mengingat disini merupakan titik simpul pertemuan arus lalu lintas dari berbagai kota. Untuk itu kita koordinasi dengan Polres Klaten, Polres Boyolali, dan Polresta Surakarta untuk mengatasi kemacetan tersebut,” ungkapnya.

Baca juga: Begini Cara Polisi Atasi Macet saat Libur Lebaran di Kawasan Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya