SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogjakarta (Solopos.com)–Sebuah ledakan terdengar dari pangkalan udara TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta. Sejumlah rumah warga di luar pangkalan pun tertimpa serpihan logam. Seorang warga terluka di bagian tangan.

Ledakan pada Jumat (28/10/2011) pukul 07.00 WIB ini diduga dari latihan simulasi peledakan bom di areal kosong Lanud TNI AU Adisutjipto. Ternyata, serpihan logam ada yang terlontar ke arah selatan yang merupakan kawasan pemukiman warga.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Ada lima rumah yang rusak di Dusun Pelem Lor, Desa Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY. Kemudian ada satu orang yang terluka di bagian tangan kiri bernama Vincent, mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. Vincent kost di rumah Wagiman, di dusun tersebut.

“Beberapa rumah yang rusak, itu gentengnya pecah di bagian dapur. Mungkin benturan dari pecahan logam,” kata Saliman, warga setempat.

Sekitar 30 menit setelah kejadian, beberapa anggota POM TNI AU langsung mengamankan serpihan logam yang masuk ke pemukiman warga. Saliman melihat, serpihan logam seukuran telapak tangan itu rupanya masih panas saat coba dipegang anggota POM TNI AU.

Serpihan logam ini lantas dimasukan ke kantong dan kemudian dibawa pergi oleh mereka. Beberapa anggota TNI AU, juga langsung memperbaiki genteng rumah yang rusak, sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Sedangkan Vincent dibawa ke RS TNI AU Hardjo Lukito, Yogyakarta untuk mendapatkan perawatan. Warga pun diwanti-wanti untuk tidak banyak bicara kepada media. Pantauan  di lokasi kejadian sudah dibersihkan, nyaris tidak ada bekas kejatuhan pecahan logam di atap rumah warga.

Hingga pukul 11.30 WIB, tak ada keterangan resmi dari TNI AU seputar kejadian ini. Sebagai gambaran, pemukiman warga ini berbatasan dengan pangkalan TNI AU berupa areal terbuka pada sisi selatan. Di sisi barat, pangkalan ini berbatasan dengan rumah dinas TNI AU. Di sisi timur ada kompleks Paskhas TNI AU dan di sisi utara adalah Lanud Adisutjipto.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya