SOLOPOS.COM - Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar alias AA Gym. (JIBI/Solopos/Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, JAKARTA — Pendakwah kondang KH Abdullah Gimnastiar alias Aa Gym mengomentari polemik spanduk logo HUT ke-75 RI. Aa Gym meminta semua pihak saling memaklumi pemikiran satu sama lain.

Diprotes Gegara Mirip Salib, Ini Makna Desain Logo HUT ke-75 RI

Promosi BRI Hadiahkan Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Super AgenBRILink

Dikabarkan Detik.com, Selasa (11/8/2020), konfigurasi yang dipermasalahkan mirip salib adalah supergraphic pada desain spanduk HUT ke-75 RI 2020. Supergraphic itu terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun. Logo itu dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

Protes tersebut awalnya diserukan oleh ormas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS). Akan tetapi, Sekretaris Kemensetneg Satya Utama sudah memberikan penjelasan dan menegaskan logo itu sudah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 RI.

Ini Makna Angka 7 dan 5 di Logo HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Aa Gym lewat akun Instagram menanggapi keriuhan ini. “SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT. Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020 ini. Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar. Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan..dan protes. Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17 an nya jadi berkurang.. Karena merasa kurang nyaman..” tulisnya.

Berbaik Sangka

Setelah tulisan itu, Aa Gym juga tak lupa mengingatkan untuk tetap berbaik sangka. Menurutnya, alangkah lebih bagus kita untuk tetap berbaik sangka.

Logo TNI Dicatut di Spanduk Pasar Rakyat Alkid, Begini Tanggapan Keras Dandim Solo

“Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil dibalik semua ini. Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru Yang tak perlu,” tuturnya.

“Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh Pencipta kita semua.. aamiiin
Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini yaa,” pesan Aa Gym di akhir postingannya.

Sempat Akan Ditiadakan, Pemkab Klaten Bolehkan Warga Gelar Tirakatan

Spanduk tersebut dianggap berbentuk salib pada bagian sisi kanan. Ada kumpulan desain kotak-kotak bergaris yang susunannya dianggap menyerupai salib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya