SOLOPOS.COM - Aparat kepolisian mengepung Ponpes Shiddiqiyah Jombang untuk menangkap anak sang kiai yang menjadi DPO kasus pencabulan, Kamis (7/7/2022). (Youtube/TVOnenews)

Solopos.com, JOMBANG — Tarekat Shiddiqiyah yang dipimpin KH Muhammad Mukhtar Mukthi di Jombang, Jawa Timur, belakangan ramai diperbincangkan.

Hal ini lantaran anak mursyid tarekat itu, Moch Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi, 42, tersandung kasus pencabulan santriwati di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Lantas, apakah ajaran tarekat itu menyimpang?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com dari hasil penelitian bertajuk berjudul Tasawuf Kebangsaan: Konstruksi Nasionalisme Tarekat Shiddiqiyyah Ploso Jombang Jawa Timur karya Miftakhul Arif, tarekat Shiddiqiyyah memiliki sejarah panjang.

Tarekat ini kali pertama dikenalkan oleh seorang tokoh bernama KH Muhammad Muchtar bin Abdul Mu’thi di Ploso, Jombang. Kiai Muchtar merupakan ayah dari Mas Bechi.

Baca juga : Sontoloyo! 4 Kasus Cabul Terheboh: Anak Kiai Jombang – Influencer Solo

Tarekat Shiddiqiyyah memiliki ciri ajaran berbeda dari tarekat pada umumnya. Salah satu keunikannya, yakni pada doktrin yang diajarkan.

Jika tarekat pada umumnya lebih berorientasi pada bimbingan spiritual melalui metode zikir, maka tarekat Shiddiqiyyah bukan hanya mengajarkan olah jiwa. Tetapi juga mengintegrasikannya dengan doktrin kemanusiaan dan kebangsaan.

Hal itu terlihat dari syarat yang harus dipenuhi oleh calon murid Shiddiqiyyah, yakni untuk menjalankan doktrin delapan kesanggupan.

Baca juga : Saksi Sidang Anak Kiai Jombang Cabul Cuma 1 Korban, Lainnya Mundur?

8 Ajaran Tarekat Shiddiqiyyah

Dikutip dari Shiddiqiyyah.org, Minggu (10/7/2022) delapan kesanggupan itu antara lain:

  1. Sanggup taat kepada Allah, berbakti kepada Allah.
  2. Sanggup taat kepada Rasulullah.
  3. Sanggup taat bakti kepada orang tua.
  4. Sanggup bakti kepada sesama manusia.
  5. Sanggup bakti kepada Negara Kesantuan Republik Indonesia (untuk warga negara Indonesia).
  6. Sanggup cinta tanan air Indonesia (untuk warga negara Indonesia).
  7. Sanggup mengamalkan ajaran tareket Shiddiqiyyah.
  8. Sanggup menghargai waktu.

Baca juga : Profil Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Jombang, Ini Sejarah Pendiriannya

Dengan mengamalkan ajaran tersebut, tarekat Shiddiyyah memiliki tujuan dalam mendidik manusia, membimbing, dan menuntun agar dekat kepada Allah. Tidak ada ajaran yang menyimpang dalam tarekat itu.

Manusia dididik, dibimbing, dituntun agar mengenal Allah yang sebenar-benarnya kenal melalui praktik Zikir Sirru Ismu Dzat.

Selain itu, manusia didik, dibimbing, dituntun agar menjadi umat takwa yang sebenar-benarnya takwa. Terakhir, manusia dididik, dibimbing, dituntun agar menjadi manusia yang bersyukur kepada Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya