SOLOPOS.COM - Pintu keluar bus bagian barat Terminal Tirtonadi (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Moda transportasi bus masih menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk bepergian.

Selain harga tiketnya yang masih terjangkau, layanan yang diberikan untuk para calon penumpang di terminal pemberhentiannya pun semakin modern dan menjanjikan kenyamanan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Dilansir oleh berbagai sumber, berikut ini adalah daftar 7 terminal dengan fasilitas dan layanan terbaik di Indonesia.

1. Terminal Bus Pulo Gebang

Ditengok dari kanal Youtube TaufikRS, Rabu (13/9/2023), Terminal Bus Pulo Gebang terkenal sebagai terminal terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Terminal ini memiliki luasan sekitar 12 hektare. Didirikan sejak tahun 2012, Terminal Bus Pulo Gebang mampu menampung hingga 1.000 unit bus di empat bangunan yang berbeda.

Empat bangunan tersebut terdiri dari Blok A yang menjadi tempat singgahnya bus antarkota antarprovinsi (AKAP), Blok B digunakan sebagai ruang tunggu penumpang, Blok C sebagai terminal kedatangan penumpang dari dalam maupun luar kota, dan Blok D sebagai terminal khusus bus Transjakarta.

Fasilitasnya pun cukup lengkap. Mulai dari area bisnis, foodcourt, pusat perbelanjaan, serta dilengkapi dengan lift dan eskalator

2. Terminal Tirtonadi, Surakarta

Berdiri di atas lahan seluar lima hektare dengan luas bangunan 3,4 hektare, Terminal Tirtonadi menjadi salah satu terminal terbaik yang ada di Jawa Tengah. Kendati mempunyai luasan yang tak begitu besar, namun terminal ini dikenal dengan fasilitas yang sangat baik dengan mengadopsi sistem pencatatan penumpang menggunakan boarding pass layaknya di bandar udara.

Bukan perjalanan yang singkat hingga Terminal Tirtonadi dapat mencapai pelayanan terbaiknya saat ini. Dahulu, lingkungan Terminal Tirtonadi dikenal sebagai lingkungan yang kumuh karena banyaknya gelandangan bahkan dekat dengan lingkungan prostitusi.

Terminal Tirtonadi juga dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara di ruang tunggunya. Menariknya lagi, Terminal Tirtonadi juga terkoneksi langsung dengan Stasiun Kereta Api Solo Balapan dengan adanya skybridge atau jembatan penghubung.

Saking bagusnya fasilitas yang ada di sini, Terminal Tirtonadi bahkan dijadikan sebagai terminal percontohan bagi pembangunan terminal lainnya.

3. Terminal Purabaya, Surabaya

Terminal Purabaya atau yang dikenal juga sebagai Terminal Bungurasih ini merupakan salah satu terminal tertua, legendaris, dan tersibuk yang ada di Indonesia. Bahkan, tersibuk di Asia Tenggara.

Saking sibuk dan ramainya, Terminal Purabaya bahkan pernah mendapat predikat terminal terkumuh pada tahun 2000-an.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Terminal Purabaya terus berinovasi dan melakukan perbaikan baik dari segi fasilitas maupun pelayanannya. Kini, Terminal Purabaya telah bertransformasi menjadi terminal dengan berbagai fasilitasnya yang modern.

4. Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki dibangun untuk menggantikan Terminal Mayang Terurai yang ada di pusat kota Pekanbaru. Terminal ini tergolong besar karena berdiri di atas lahan seluas 27 hektare dengan bangunannya seluas tujuh hektare.

Meskipun bangunannya terbilang kecil, namun bentuk arsitekturnya sangat unik, lo. Dengan desain khas Melayu, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki mempunyai bentuk atap bersusun dengan corak berwarna kuning.

Tak hanya itu, tersedia juga fasilitas menginap bagi calon penumpang bus yang tengah transit atau tertinggal jadwal bus.

5. Terminal Mengwi, Bali

Di Bali terdapat Terminal Mengwi yang tak kalah megah dengan fasilitas dan layanannya yang baik. Dengan areanya yang terbilang luas, yakni 15 hektare, Terminal Mengwi menjadi terminal induk terbesar yang ada di Provinsi Bali.

Terminal Mengwi menjadi lokasi alih fungsi pergerakan kendaraan AKAP yang semula ada di Terminal Ubung. Semenjak itu, Terminal Ubung hanya difungsikan sebagai lokasi transitnya angkutan perkotaan dan angkutan perdesaan.

6. Terminal Bulupitu, Purwokerto

Terminal yang terletak sekitar kurang lebih empat kilometer dari pusat kota Purwokerto ini merupakan salah satu terminal terbaik yang ada di Jawa Tengah. Berbagai fasilitas pendukung seperti musala, area parkir yang teduh, hingga toilet bersih tersedia di terminal yang berdiri di atas lahan seluas 5,9 hektare ini.

Menariknya, Terminal Bulupitu juga menawarkan fasilitas bermain sekaligus wisata edukasi anak berupa taman lalu lintas. Dilansir oleh laman jatengprov.go.id, Terminal Bulupitu juga telah menerapkan sistem parkir elektronik yang memudahkan pengguna jasanya untuk menikmati layanan yang lebih modern.

7. Terminal Pondok Cabe, Tangerang

Terminal Pondok Cabe terbilang sebagai terminal baru karena baru saja diresmikan pada akhir tahun 2018 lalu.

Terminal tipe A ini melayani 33 PO Bus AKAP dan mempunyai fasilitas yang juga tak kalah dengan bandara. Mulai dari ruang perpustakaan dengan berbagai jenis buku yang lengkap, toilet yang bersih, ruang tunggu dengan pendingin, hingga area bermain anak.

Berbagai inovasi fasilitas dan layanan yang ada di Terminal Pondok Cabe ini dibangun sebagai bentuk upaya agar masyarakat lebih mencintai dan tertarik menggunakan angkutan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya