SOLOPOS.COM - Para mahasiswa magang dari FP UNS Solo berfoto bersama awak Solopos Media Group, beberapa waktu lalu. (Solopos Institute)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 6 mahasiswa Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Solo melaksanakan program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Solopos Media Group, pada 6 Februari hingga 6 Juni 2024.

Program magang MBKM ini merupakan program baru yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam program itu mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti perkuliahan di luar program studi selama satu semester atau setara dengan 20 SKS.

Promosi Erick Thohir Apresiasi BRI Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia Versi Forbes

Ide-ide kreatif mahasiswa selama ini hanya tersimpan tanpa ada kesempatan untuk menjadi kegiatan yang mendukung kesinergian pembangunan pendidikan bangsa. Kemendikbudristek menghadirkan MBKM untuk memunculkan paradigma baru dalam proses pembangunan pendidikan bangsa.

Keenam mahasiswa yang mengikuti program magang MBKM di Solopos Media Group yaitu Adinda Putri Sarah Wibowo, Adhelia Kusumawardhani, Agtha Fina Rizkyana, Fanisa Tasya Nabilla, Irfan Fajar Nasrullah, dan Jessica Velintina dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Emi Widiyanti, S.P., M.Si.

Emi mengatakan walaupun program magang MBKM ini masih tergolong baru, namun mahasiswa bimbingannya sangat adaptif dan kreatif untuk mencari informasi dan mengikuti mekanisme programnya. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Solopos Media Group yang sangat kooperatif dalam menjalin kolaborasi bersama kami,” tambahnya,
Kamis (23/5/2024).

Salah satu mahasiswa magang MBKM, Adhelia Kusumawardhani, mengatakan sangat senang dan bangga dapat menjadi salah satu bagian dari program magang MBKM ini. Baginya, magang ini merupakan hal baru dan kesempatan yang luar biasa karena adanya kolaborasi yang apik antara pihak pemerintah Kemendikbudristek, UNS, Solopos Media Group, dan mahasiswa.

magang fp uns solopos
Mahasiswa magang FP UNS Solo berfoto bersama GM Solopos Institute dan Redaktur Pelaksana Solopos Media Group Syifaul Arifin (tengah), beberapa waktu lalu. (Solopos Institute)

“Magang di Solopos merupakan impian saya selama ini. Kami disambut dengan lingkungan kerja yang welcome dan sehat. Cara mentor memberikan bimbingan dan arahan sangat friendly jadi kami tidak ngerasa enggan dan takut untuk bertanya,” katanya, Kamis (23/5/2024).

Mekanisme pelaksanaan magang di Solopos Media Group yaitu mahasiswa harus mengikuti In House Training (IHT) selama 1 pekan dengan berbagai penugasan yang diberikan untuk dapat menjadi internshipner yang terlatih dan bertanggung jawab.
IHT diisi pelatihan dengan materi divisi pembagian kerja yang akan ditempati, di antaranya bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik dan dasar jurnalistik yang disampaikan oleh Rohmah Ermawati.

Materi kode etik jurnalistik yang disampaikan oleh Danang Nur Ikhsan. Materi reportase (observasi) yang disampaikan oleh Ahmad Mufid Aryono. Materi reportase (wawancara dan riset) yang disampaikan oleh Tri Wiharto. Materi bahasa jurnalistik yang disampaikan oleh Ivan Indrakesuma. Materi straight news yang disampaikan oleh Abu Nadzib. Materi feature yang disampaikan Bambang Aris Sasangka. Teknik pengambilan video, broadcasting, dan cara mengedit video yang disampaikan oleh Oriza Vilosa.

Masing-masing dari mahasiswa magang ditempatkan di divisi yang berbeda-beda yakni Agtha Fina Rizkyana di Rubrik lapak (koran), Fanisa Tasya Nabilla di Solopos.com (media online), Jesica Velintina di Rubrik Laras (koran), Adinda Putri Sarah Wibowo di divisi multimedia sebagai content creator (sosial media), Adhelia Kusumawardhani sebagai data analyze (Solopos Institute), Irfan Fajar Nasrullah di divisi Marketing Communication. Magang dilaksanakan selama 8 jam per hari dan dilaksanakan 5 hari kerja dari hari Senin-Jumat.

Program magang MBKM ini merekognisi beberapa mata kuliah termasuk salah satunya adalah mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Keenam mahasiswa magang ini melaksanakan beberapa program kerja KKN dengan menerapkan pengalaman magang yang diperoleh di Solopos Media Group.

Program kerja KKN-MBKM tersebut adalah pendampingan pemasaran digital UMKM Batik Nafa dan memberikan pelatihan jurnalistik pertanian kepada Kelompok Tani Klaten Utara.

Adapun beberapa program kerja KKN-MBKM yang dilaksanakan bersama Solopos yaitu memberikan wisata literasi kepada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Program kerja yang kedua yaitu memberikan workshop videografi kepada siswa SMP Negeri 7 Solo.

Program kerja yang ketiga yaitu mendampingi praktik penerapan teori dari workshop videografi yang telah diberikan kepada siswa SMP Negeri 7 Solo. Program kerja yang keempat yaitu memberikan journalism tour kepada siswa SMK Widya Praja Ungaran,

Program kerja yang kelima yaitu peningkatan kapasitas SDM berupa pendampingan dan sosialisasi mengenai jurnalistik pertanian kepada mahasiswa Universitas Janabadra Yogyakarta. Program kerja yang keenam yaitu memberikan sosialisasi dan pelatihan brodcasting kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Karanganyar. Program kerja yang ketujuh yaitu melakukan sosialisasi mengenai wawasan pers dan turut membantu pemilihan duta monumen pers. Program kerja yang terakhir yaitu memberikan sosialisasi bijak dalam bersosial media dalam acara Free Day Night Solo Batik Carnival.

Selain mengikuti program baru yang diadakan oleh Kemendikbudristek, keenam mahasiswa ini juga berhasil lolos mengikuti seleksi Hibah MBKM UNS dengan proposal magang yang berjudul Diseminasi Pembangunan Pertanian melalui Media Cetak dan Online di Solopos Media Group.

Program Hibah MBKM UNS merupakan suatu program yang diadakan oleh UNS dan bertujuan mendorong percepatan prodi melaksanakan MBKM sesuai dengan karakteristik dan kompetensi mahasiswanya. Program ini jaminan rekognisi sehingga ide kreatif mahasiswa dalam melakukan aktivitas MBKM dapat terakomodasi dengan baik dan berjalan secara efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya