SOLOPOS.COM - Ilustrasi cpns (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 566 peserta mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di kampus setempat, Minggu (3/11) pukul 08.00 WIB. Peserta terdiri atas 362 calon dosen dan 204 calon tenaga administrasi.

Mereka memperebutkan 48 lowongan CPNS yang terdiri atas 40 dosen dan delapan tenaga administrasi. Perbandingan peserta yang lolos mencapai satu banding sembilan untuk dosen dan satu banding 25 untuk tenaga administrasi.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Dari 680 peserta yang lolos seleksi administrasi, 566 peserta mengikuti ujian dan 114 peserta yang absen dinyatakan gugur,” jelas Rektor UNS, Ravik Karsidi, kepada wartawan di Rektorat UNS, Minggu (3/11/2013).

Dari peserta yang absen, lanjutnya, di antaranya 39 peserta calon dosen dan 75 peserta calon tenaga administrasi yang tidak hadir. Pembantu Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UNS, Jamal Wiwoho, menambahkan ketdakhadiran peserta yang cukup tinggi disebabkan ketatnya persaingan di UNS. Pasalnya, rata-rata lowongan yang disediakan hanya menerima satu orang. Jamal menilai peserta mengikuti ujian CPNS di tempat lain yang memiliki peluang lebih besar.

“Untuk pelaksanaan CPNS tahun ini kan satu orang bisa mendaftar lebih dari satu lowongan. Namun karena pelaksanaan ujian secara serentak jam dan harinya jadi peserta harus memilih salah satu yang paling diminati,” jelas Jamal yang juga menjadi Koordinator Pengawas dalam ujian tersebut.

Terkait pelaksanaan ujian tersebut, Ravik menilai berjalan cukup lancar dengan melibatkan panitia lokal, tim pengawas, dan tim monitoring dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Irjen Kemendikbud dan Bagian Kepegawaian Kemendikbud serta kepolisian dalam pengawasan. Selain itu, pihaknya menyiapkan 70 orang pengawas untuk mengawasi 35 blok ruang ujian. “Pelaksanaan cukup lancar, tidak ada yang terlambat dan pengawasan cukup ketat. Diharapkan yang lolos nantinya sesuai dengan harapan kami,” imbuh Ravik.

Ravik menambahkan peserta mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang meliputi tes kemampuan dasar, wawancara intelegensia serta karakter pribadi. Nantinya, hasil TKD akan diumumkan pada 25 November melalui website cpns.kemendikbud.go.id. Selanjutnya, peserta yang lolos TKD bakal mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB) yang akan digelar pada 5 Desember mendatang di masing-masing fakultas. Ujian TKB meliputi tes Bahasa Inggris di UPTP2B, wawancara dengan tim penilai serta ujian praktik.

Sebagai informasi, sebanyak 1.358 orang melakukan pendaftaran online CPNS UNS yang dibuka mulai 23 September – 7 Oktober. Dari jumlah tersebut hanya 835 perserta yang mengirim dokumen fisik ke alamat panitia. Dan sebanyak 680 orang dinyatakan memenuhi syarat dengan rincian 243 calon dosen dan 437 calon tenaga administrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya