SOLOPOS.COM - Kericuhan di Yahukimo. (detik.com/istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak enam orang meninggal dunia dan 41 lainnya terluka akibat kericuhan antara kelompok masyarakat suku yali dan suku kimyal di Yahukimo, Papua. Polisi mengamankan 52 terduga pelaku terkait kericuhan tersebut.

“Polres Yahukimo berhasil mengamankan 52 orang yang diduga sebagai pelaku. Saat ini ke 52 orang tersebut dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Dia menjelaskan kericuhan bermula saat suku kimyal melakukan penyerangan terhadap suku Yali di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Minggu (3/10/2021) pukul 12.45 WIT.

Baca juga: Duh, Perang Suku di Papua Tewaskan 6 Warga

Kamal menyebut massa dari suku kimyal menggunakan 2 unit mobil minibus mendatangi suku yali untuk menyerang.

“Di mana massa suku kimyal yang dipimpin Kepala Suku Umum Kimyal Morome Keya Busup, dengan menggunakan 2 unit mobil minibus membawa alat tajam berupa busur panah dan parang mendatangi masyarakat suku yali dan melakukan penyerangan,” ucap Kamal dilansir detik.com.

Warga Dievakuasi 

Polisi yang mendapat informasi tersebut, mendatangi lokasi kejadian. Aparat berwajib langsung mengevakuasi masyarakat suku yali yang menjadi korban penyerangan.

“Sementara itu untuk masyarakat yang mengamankan diri di Polres Yahukimo diperkirakan kurang lebih seribu orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Didesak Lobi Arab Saudi Terkait Umrah

Sementara ini, polisi menduga awal kericuhan dipicu dari kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Basup.

“Aksi penyerangan tersebut terjadi terkait berita duka yang diterima oleh masyarakat suku kimyal atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup,” kata Kamal.

Namun, belum diketahui apa yang membuat warga tersulut emosi terkait kematian mantan bupati.

Baca juga: Sebut Jokowi dan Ganjar Perampok, Natalius Pigai Terancam Diperkarakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya