SOLOPOS.COM - Universitas Tunas Pembangunan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo memiliki sederet kampus universitas swasta yang bisa dibilang terbaik dan sudah terakreditasi di Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini artinya, kampus swasta di Solo tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Berkuliah di kampus swasta bukan berarti harus minder dengan mahasiswa dari kampus negeri. Terlebih beberapa kampus swasta di Solo bisa disebut sudah memiliki nama di kancah nasional.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Berikut Solopos.com merangkum lima universitas swasta terbaik di Kota Solo:

  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terletak berdampingan dengan Kota Solo, tepatnya di Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Kampus ini memiliki 12 fakultas dan 36 program studi (prodi).

Sebanyak 12 fakultas itu terdiri atas Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi,  Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknik.

Berdasarkan surat keputusan (SK) BAN-PT bernomor 1057/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/XII/2021, UMS telah meraih akreditasi Unggul.

  1. Universitas Tunas Pembangunan

Universitas Tunas Pembangunan (UTP) terletak di jantung Kota Solo, tepatnya di Jl Balekambang Lor No 1, Manahan, untuk kampus 1 dan di Jl Walanda Maramis No 31, Nusukan, untuk kampus 2.

Salah satu universitas swasta terbaik di Solo ini memiliki empat fakultas untuk jenjang S-1, yakni Fakultas Teknik yang terdiri atas Prodi Teknik Sipil dan Arsitektur, Fakultas Pertanian yang terdiri atas Prodi Agroteknologi dan Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang terdiri atas Prodi Manajemen dan Akuntansi, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang terdiri atas Prodi Bimbingan Konseling, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, PGSD, dan Pendidikan Jasmani.

UTP telah meraih predikat B berdasarkan SK BAN-PT nomor 519/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/VIII/2022. Itu artinya, UTP telah dilabeli akreditas baik oleh BAN-PT.

Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Solo, UTP telah melahirkan atlet-atlet berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Seperti di ASEAN Para Games 2023, ada belasan atlet yang merupakan mahasiswa UTP berhasil menyumbang medali.

Para mahasiswa UTP tersebut berkontribusi untuk berbagai cabang olahraga (cabor), seperti para bulu tangkis, para tenis meja, para renang, dan para atletik. Selain berprestasi di ASEAN Para Games 2023, ada juga mahasiswa yang berprestasi di bidang sepak bola dan berhasil menembus skuad Timnas U-20.

Selain itu, UTP juga menjadi salah satu kampus swasta di Solo dengan biaya kuliah terjangkau. Biaya pangkalnya untuk masuk UTP cukup terjangkau, yakni di kisaran Rp2,2 juta untuk sumbangan pengembangan institusi (SPI) dan itu pun bisa dicicil dua kali selama dua semester.

UTP mempermudah pendaftaran bagi calon mahasiswa barunya dengan cukup mengisi formulir pendaftaran di laman Pmb.utp.ac.id. Jadwal pendaftaran mahasiswa baru UTP dibuka hingga 30 September 2023.

  1. Universitas Slamet Riyadi

Selanjutnya ada Universitas Slamet Riyadi (Unisri) sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Kota Solo. Kampus ini terletak di Jl Sumpah Pemuda No 18, Kadipiro, Banjarsari, Kota Solo.

Unisri memiliki enam fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi Pangan. Unisri telah mengantongi predikat B dari akreditas BAN-PT bernomor 282/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020.

  1. Universitas Setia Budi

Universitas Setia Budi (USB) memiliki lima fakultas, yakni Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi sebagai rumah dari 13 prodi.

USB yang terletak di Jl Letjen Sutoyo, Mojosongo, Kota Solo telah mendapatkan predikat Baik Sekali berdasarkan SK bernomor 282/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IV/2023 dari BAN-PT.

  1. Universitas Pignatelli Triputra

Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) merupakan perguruan tinggi yang dulunya ABA Pignatelli dan STIE Pignatelli. Pada Juli 2022, dua institusi tersebut bergabung menjadi satu berdasarkan SK yang diterbitkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kemendikbud.

Upitra memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, serta Fakultas Vokasi. Upitra telah meraih predikat Baik berdasarkan SK BAN-PT nomor 498/SK/BAN-PT/Ak.P/PT/VII/2023.

Kampus Upitra terletak di dekat kampus UMS, tepatnya di Jl Duwet No 1, Karangasem, Laweyan, Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya