News
Selasa, 18 Juli 2023 - 21:55 WIB

5 Provinsi Penghasil Kentang Terbesar di Indonesia, Pulau Jawa Terbanyak!

Wilda Arifati  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petani memanen kentang varietas Granola L di kompleks Kebun Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (KBTPH) Kledung, Temanggung, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Kentang merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah dan bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. 

Di Eropa, kentang dijadikan makanan pokok yang penting. Dilansir dari beberapa sumber, kentang merupakan tanaman pendek tidak berkayu semusim yang menyukai ilklim sejuk. 

Advertisement

Di daerah tropis seperti Indonesia, kentang bisa ditanam dan tumbuh di dataran tinggi. Kentang tumbuh di tanah humus yang berada pada 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut.

Kentang banyak mengandung karbohidrat sehingga bisa dijadikan sebagai makanan pokok yang setara dengan nasi. 

Kandungan nutrisi dalam kentang cukup banyak, diantaranya vitamin dari A, B- kompleks, C, hingga asam folat.

Advertisement

Selain itu kentang juga mengandung mineral, protein, zat besi, fosfor, kalium, karotenoid, dan polifenol. Zat solanin yang ada dalam kentang dapat menjadi obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, pada 2022 Indonesia menghasilkan 1.503.998 ton kentang. Berikut merupakan deretan provinsi yang menghasilkan kentang terbanyak di Indonesia.

1. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi nomor satu yang menghasilkan kentang paling banyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Timur menghasilkan 385.124 ton kentang.

Advertisement

Kabupaten Pasuruan menjadi kabupaten yang menghasilkan kentang paling banyak di Provinsi Jawa Timur. Menurut data BPS Jawa Timur, pada 2022 Kabupaten Pasuruan menghasilkan 1.964.109 kuintal kentang. 

Kabupaten yang menghasilkan kentang paling banyak di Jawa Timur selanjutnya adalah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Bondowoso.

2. Jawa Tengah

Provinsi kedua yang menjadi provinsi dengan hasil kentang terbanyak di Indonesia adalah Provinsi Jawa Tengah. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Jawa Tengah menghasilkan 278.717 ton kentang.

Advertisement

Menurut data BPS Jawa Tengah, pada tahun 2020 Provinsi Jawa Tengah menghasilkan 2.939.362 kilogram kentang.

Kabupaten Banjarnegara menjadi kabupaten yang menghasilkan kentang paling banyak di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten Banjarnegara menghasilkan 1.149.576 kilogram kentang pada 2020. Kabupaten selanjutnya yang menghasilkan kentang paling banyak di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Pekalongan.

3. Jawa Barat

Advertisement

Provinsi Jawa Barat berada diposisi nomor tiga yang menjadi provinsi dengan hasil produksi kentang terbanyak di Indonesia. Menurut data BPS, pada 2022, Jawa Barat menghasilkan 272.074 ton kentang.

Bersumber dari opendata.jabarprov.go.id yang diakses pada Selasa (18/7/2023), Kabupaten Garut menjadi kabupaten dengan hasil produksi kentang terbanyak di Jawa Barat pada 2021. 

Kabupaten Garut menghasilkan 160.954 ton kentang pada 2021. Kabupaten selanjutnya yang menjadi kabupaten dengan hasil produksi kentang terbanyak di Jawa Barat adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor.

4. Jambi

Provinsi Jambi masuk dalam provinsi yang menghasilkan kentang terbanyak di Indonesia pada urutan nomor 4. Menurut BPS pada 2022, Provinsi Jambi menghasilkan 184.721 ton kentang.

Pada 2019, menurut data dari BPS Provinsi Jambi, sebanyak 1.118.124 ton kentang dihasilkan oleh Provinsi Jambi. 

Advertisement

Kabupaten Kerinci menjadi kabupaten dengan hasil produksi kentang paling banyak di Jambi pada 2017. Pada saat itu, Kabupaten Kerinci menghasilkan 764.774 kuintal kentang. Selain itu ada Kabupaten Merangin dan Kota Sungai Penuh yang juga menghasilkan kentang di Provinsi Jambi.

5. Sumatra Utara

Provinsi Sumatera Utara ada pada urutan nomor lima sebagai provinsi yang menghasilkan kentang paling banyak di Indonesia. Menurut data BPS pada 2022, Provinsi Sumatra Utara menghasilkan 148.827 ton kentang.

Pada 2018, Provinsi Sumatera Utara menghasilkan 1.803.709 ton kentang. Kabupaten Karo menjadi kabupaten dengan hasil produksi kentang paling banyak di Provinsi Sumatra Utara. 

Kabupaten Karo menghasilkan 574.125 ton kentang pada 2018. Kabupaten selanjutnya yang menjadi kabupaten dengan hasil produksi kentang paling banyak di Sumatra Utara yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif