SOLOPOS.COM - Peta Indonesia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia. Namun, pemerataan penduduk masih menjadi masalah hingga terdapat lima kota yang dapat dikategorikan sebagai kota tersepi di Indonesia.

Dikutip dari Antaranews, Minggu (27/2/2022), jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.000 pada 2021 lalu. Negara Kepulauan ini memiliki 98 kota yang terletak di sejumlah provinsi di Tanah Air.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

5 kota diantaranya dapat dikategorikan sebagai kota dengan jumlah penghuni sedikit. Salah satu dari 5 kota tersebut hanya dihuni 93.710 jiwa berdasarkan data jumlah penduduk pada Juni 2021.

Berikut 5 kota dengan jumlah penduduk sedikit atau dapat disebut kota tersepi di Indonesia yang dihimpun dari kanal Youtube Angka dan Data berjudul Kota tapi sepi? Apa penyebabnya?.., Minggu (27/2/2022):

Baca juga: Jadi Ajang Transformasi Ekonomi, Ini Isu-Isu Penting yang Dibahas G20

1. Kota Subussalam, Aceh

Kota di Aceh ini menjadi kota paling sepi di Indonesia karena memiliki wilayah yang sangat luas. Namun, hal itu tak berimbang dengan jumlah penduduk yang sedikit, yakni 93.710 jiwa per Juni 2021 dengan luas kota 1.391 km².

Rata-rata penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per km. Sedangkan Subussalam menjadi menduduki posisi keempat kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia.

Luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang sedikit membuat Kota Subussalam menjadi kota paling sepi di Indonesia dari segi rata-rata kepadatan penduduk.

2. Kota Tidore, Maluku Utara

Kota yang terletak di Kepulauan Maluku Utara ini memiliki luas wilayah 1646 km². Namun kota ini hanya dihuni oleh penduduk berjumlah 115.406 jiwa per Juni 2021. Hal itu membuat kepadatan penduduk di Kota Tidore hanya 70 jiwa per km dan menjadi kota tersepi kedua di Indonesia.

Baca Juga: Wacana Penundaan Pemilu 2024, Muhammadiyah: Jangan Tambah Masalah!

3. Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Kota Palangkaraya masuk di deretan kota tersepi di Tanah Air. Kota yang berada di Kalimantan Tengah ini menduduki peringkat tiga sebagai kota paling lenggang di Indonesia.

Kota Palang Karaya memmiliki luas wilayah 2.400 km². Namun, kota yang pernah menjadi kandidat Ibu Kota Negara Indonesia ini hanya memiliki penduduk sejumlah 286.704 jiwa per Juni 2021. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk tersebut menjadikan rata-rata penduduk di kota ini hanya 119 jiwa per km.

4. Kota Dumai, Riau

Kota yang terletak di Provinsi Riau ini memiliki luas wilayah sekitar 1.623 km². Dengan luas tersebut, Dumai menjadi kota dengan wilayah terluas urutan ketiga di Tanah Air.

Meski demikian, kota ini hanya dihuni 323.090 jiwa menurut data per Juni 2021. Sehingga rata-rata penduduk di kota ini hanya mencapai 119 jiwa per km. Hal itu membuat Dumai menjadi kota tersepi keempat di Indonesia

Baca juga: Kontinuitas Pemilu Syarat Kestabilan Politik dan Pertumbuhan Ekonomi

5. Kota Pagaralam, Sumatra Selatan

Kota paling sepi di Indonesia selanjutnya yaitu Kota Pagaraalam. Kota yang berada di wilayah Sumatra Selatan ini memiliki luas 634 km². Sementara jumlah penduduk di Kota Pagaralam hanya 140737 jiwa per Juni 2021.

Sehingga dapat dihitung rata-rata penduduk di kota ini hanya 233 jiwa per km. Demikian lima kota tersepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk. Kota-kota di atas dapat menjadi referensi untuk dijadikan tempat tinggal atau untuk berinvestasi tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya