SOLOPOS.COM - Sosialisasi Program Bantuan Pemerintah Penyiapan Magang Siswa Luar Negeri yang disiarkan langsung kanal YouTube Direktorat SMK-Kemdikbud, Kamis (25/1/2024). (YouTube/Direktorat SMK-Kemendikbud)

Solopos.com, SOLO—Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Solo ditemukan dari 100 orang angkatan kerja di Solo, ditemukan sekitar lima orang menganggur.

BPS menyebut jumlah angkatan kerja di Kota Bengawan pada Agustus 2023 sebanyak 291,86 ribu orang. Sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) hasil Sakernas Agustus 2023 sebesar 4,58%. 

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

TPT merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur tenaga kerja yang tidak terserap oleh pasar kerja. Selain itu, TPT juga menggambarkan kurang efektifnya pasokan tenaga kerja di suatu daerah. 

Sejumlah instansi pendidikan merespon isu pengangguran angkatan kerja tersebut dengan menyiapkan sejumlah program magang, kerjasama dengan industri, sampai penyesuaian kurikulum.

Seperti yang dilakukan oleh Kepala Program Studi D3 Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Warga, Suharjanto, yang mengupayakan melalui program magang. Dia mengatakan sejumlah mahasiswa mengikuti magang di perusahaan tertentu, tidak jarang akan langsung ditawari kerja.

“Modelnya adalah magang dengan waktu  yang lama, harapannya bahwa demo program magang lama itu menjadi trial mereka untuk masuk ke industri, dan itu terjadi, mereka diminta oleh perusahaan,” kata dia ketika ditemui Solopos.com, belum lama ini.

Suharjanto menambahkan pihaknya juga aktif menyalurkan mahasiswa magang ke perusahaan-perusahan besar yang sudah menjalin relasi dengannya. Penyaluran tersebut menggunakan sistem ‘ijon’.

“Nah jadi sistem ijon misalnya kita kirim delapan mahasiswa magang ke perusahaan tertentu. Dari delapan itu di-trial dan diberikan pembekalan khusus tentang bidang elektronika di perusahaan tersebut. Setelah itu perusahaan nanti akan memilih akan memilih dari delapan mahasiswa itu,” kata dia.

Dia berharap dengan sistem tersebut mahasiswa bisa segera mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum lulus kuliah. Upaya juga dilakukan dengan melakukan pembaharuan kurikulum setiap dua tahun sekali. Pembaharuan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan industri. 

“Dan itu kita undang alumni-alumni kita yang sudah bekerja di perusahaan untuk memberikan masukan apa yang diinginkan perusahaan, sehingga itu kita cover, dan kita implementasikan di dalam kurikulum,” kata dia.

Sarjoko menjelaskan masing-masing jurusan dibekali dengan keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu menurutnya para siswa juga dibekali dengan softskill seperti kemampuan berkomunikasi dan pembekalan yang berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik.

Terpisah, diberitakan sebelumnya, Kepala SMK Warga Solo, Sarjoko mengatakan untuk mempersiapkan angkatan kerja yang baru pihaknya lebih mengajarkan soft skill, disamping juga hard skill

“Era sekarang kebutuhan industri selain hard skill atau dari sisi keterampilan, juga membutuhkan soft skill sehingga harapan kami anak-anak lulus SMK warga diterima karena sudah terlatih dalam hal memiliki karakter yang diterima perusahaan,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga mengadakan program kerja sama dengan industri untuk memberikan bekal dan tambahan pengalaman bagi siswa. Beberapa perusahan yang sudah menjalin kerja sama seperti PT Sayap Mas Utama dan PT  Denso Indonesia.

“Dalam waktu dekat kita akan bekerja sama dengan PT Biru anak perusahaan PT Bukit Makmur Mandiri Utama [PT BUMA], dalam bentuk training mekanik alat berat, yang akan diselanggarakan di sekolah,” kata dia.

Sekolah kejuruan yang sudah berdiri setengah abad lalu itu, saat ini sudah terdapat jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, dan Teknik Elektronika Industri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya