SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karbala–Sebuah serangan mortir pada upacara berkabung di Irak menewaskan 41 peziarah Syi’ah. Mortir meledak di tengah kerumunan peziarah saat akan meninggalkan kota suci Karbala.

Seperti dikutip dari AFP, Sabtu (6/2), mortir tersebut meledak lalu menghantam para peziarah saat berjalan pulang dari kota kuil, 110 km sebelah selatan Baghdad. Sekitar satu juta umat berkumpul untuk mengikuti festival Arbaeen.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Seorang pejabat kementerian kesehatan propinsi Karbala mengatakan, 41 orang tewas dan 144 terluka. Ledakan ini disebabkan serangan mortir yang ditembakkan tidak jauh dari lokasi.

“Sebuah mortir diluncurkan dari lapangan sebelah utara timur laut kota,” ujar Gubernur Propinsi Karbala Amalheddin al-Hir.

Tudingan atas serangan ini pun bermunculan. Al-Qaeda diduga menjadi dalang aksi biadab tersebut.

“Saya menuduh Al-Qaida terlibat, didukung partai Baath,” katanya.

Amalheddin al-Hir menambahkan, sekitar 10 juta jemaah telah mengunjungi makam Imam Hussein dalam dua pekan terakhir ini. Mereka berjalan kaki sebagai tanda kesalehan dan merayakan puncaknya pada Jumat tengah hari.

“Para pengunjung termasuk orang-orang Arab dan sekitar 100.000 orang asing dari negara-negara Teluk, Suriah, Lebanon, Iran, Tanzania, Amerika Serikat, Norwegia, dan Belgia,” tandasnya.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya