SOLOPOS.COM - Ikan sambal dabu-dabu. (Istimewa/cookpad.com)

Solopos.com, SOLO — Masyarakat Indonesia paling suka dengan makanan yang dimasak pedas. Rasa pedas memberikan sensasi segar dan dapat membuat penikmatnya ketagihan makan.

Rasa pedas pada makanan umumnya ditemukan jika mengandung cabai dalam proses memasaknya. Selain membuat penyantapnya ketagihan makan, ternyata cabai juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Dilansir dari cybex.pertanian.go.id yang diakses pada Selasa (25/7/2023), cabai rawit banyak mengandung vitamin A. Cabai rawit segar mengandung 11.050 SI (satuan internasional) vitamin A. Sedangkan cabai rawit kering mengandung 1.000 SI.

Makanan pedas di Indonesia mudah dijumpai di berbagai daerah. Dari Sabang sampai Merauke, hampir di setiap pulaunya mempunyai makanan khas yang bercita rasa pedas.

Berikut merupakan rekomendasi makanan pedas nusantara yang patut dicoba.

1. Ikan Bakar Dabu-dabu

Ikan bakar dabu-dabu merupakan makanan khas yang datang dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Satu hal yang membedakan ikan bakar ini dengan daerah lainnya, yakni adanya sambal dabu-dabu.

Dabu-dabu merupakan salah satu sambal yang disajikan mentah. Isinya yaitu ada irisan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, tomat, garam, minyak kelapa, dan perasan jeruk purut.

Seluruh bahan-bahan tersebut diiris lalu dicampur dan disiram dengan air panas. Penyajiannya juga bisa ditambahkan dengan daun kemangi dan perasan jeruk lemon agar terasa lebih asam dan segar.

2. Ikan Bakar Colo-colo

Ikan bakar colo-colo merupakan makanan khas yang datang dari Maluku. Hal yang membedakan ikan bakar colo-colo dengan ikan bakar lainnya, yakni adanya colo-colo alias salah satu jenis sambal yang juga disajikan dalam keadaan mentah.

Sambal colo-colo memiliki cita rasa yang segar, pedas, dan manis yang berpadu menjadi satu. Sambal colo-colo dibuat dari bawang merah, cabai rawit hijau kecil, cabai merah rawit kecil, kecap manis, perasan jeruk nipis, dan tomat merah.

Semua bahan dipotong dadu lalu dicampur menjadi satu hingga rata. Sambal colo-colo memiliki dua versi yaitu yang memakai kecap dan tidak memakai kecap.

3. Rendang

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Makanan legendaris yang khas berasal dari Sumatera Barat ini bahkan telah dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia.

Rendang merupakan makanan yang dibuat dari daging sapi atau kerbau. Dimasak dengan santan dan berbagai macam rempah nusantara dengan suhu rendah dalam waktu yang lama hingga menghasilkan daging dengan lumuran bumbu rempah berwarna hitam pekat.

Bahan-bahan untuk membuat rendang di antaranya adalah cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan berbagai macam rempah lainnya yang dihaluskan lalu ditumis dan diberi santan. Rendang sangat nikmat dimakan dengan nasi putih hangat.

4. Ayam Rica-rica

Ayam rica-rica merupakan salah satu hidangan khas yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Dalam bahasa Manado, rica memiliki arti pedas. Ayam rica-rica memang memiliki cita rasa pedas dan gurih yang pekat sehingga nikmat dipadukan dengan nasi putih hangat.

Bahan untuk membuat ayam rica-rica di antaranya adalah ayam yang sudah dipotong, cabai, daun jeruk, rempah-rempah, dan air jeruk nipis. Seluruh bahan bumbu dihaluskan lalu ditumis dan ditambahkan ayam. Selain untuk ayam, bumbu rica-rica juga bisa digunakan untuk memasak bahan lain seperti ikan dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya