SOLOPOS.COM - Ilustrasi susu segar. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLOMinuman kaya manfaat berwarna putih ini memang sudah sangat familier di tengah-tengah masyarakat dunia. Minuman penuh gizi ini merupakan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada mamalia.

Pada bayi, susu merupakan satu-satunya asupan yang dapat dikonsumsinya sebelum menelan makanan lain. Susu yang dikonsumsi manusia pada kesehariannya biasanya berasal dari hewan, yaitu sapi dan kambing.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Dilansir ditsmp.kemendikbud.go.id yang diakses pada Jumat (21/7/2023), gizi yang terkandung dalam susu sapi di antaranya protein, kalium, kalsium, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, niasin, fosfor, zat besi, karbohidrat, dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh.

Susu dikenal sebagai minuman yang dapat membantu memperkuat tulang dan pertumbuhannya. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan oleh tubuh, termasuk meningkatkan imunitas tubuh, memelihara kesehatan jantung, menjaga kesehatan gigi, meningkatkan kinerja otak, dan meningkatkan kualitas tidur.

Pada anak dan remaja yang sedang masa pertumbuhan, susu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena berberan dalam pertumbuhan tubuh. Namun susu juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, di antaranya kolesterol tinggi, alergi susu dan intoleransi laktosa, dan gangguan fungsi ginjal.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 Indonesia berhasil memproduksi 968.980,14 ton susu segar. Jumlah ini meningkat sebanyak 22.591,97 ton dari jumlah yang diproduksi pada tahun 2021.

Berikut ini merupakan empat provinsi penghasil susu segar paling banyak di Indonesia.

1. Jawa Timur

Provinsi nomor 1 yang menghasilkan susu segar paling banyak di Indonesia adalah Provinsi Jawa Timur. Menurut data BPS pada tahun 2022, Jawa Timur memproduksi 543.687,16 ton susu segar. Jumlah ini meningkat dari data tahun 2021 yang menghasilkan 530.426,49 ton susu segar.

Kabupaten Pasuruan menjadi kabupaten yang menghasilkan susu segar terbanyak di Jawa Timur. Menurut BPS Jawa Timur, pada tahun 2017 Kabupaten Pasuruan memproduksi 160.836.412 kilogram susu segar. Jumlah tersebut terdiri dari 160.824.184 kilogram susu sapi perah dan 12.228 kilogram susu kambing perah.

Kabupaten lainnya yang menghasilkan susu segar terbanyak di Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, dan Kota Batu.

2. Jawa Barat

Provinsi ke-2 yang menghasilkan susu segar paling banyak di Indonesia adalah Provinsi Jawa Barat. Menurut data BPS pada tahun 2022, Provinsi Jawa Timur menghasilkan 300.198,28 ton susu segar. Jumlah ini meningkat dari data tahun 2021 yang menghasilkan 290.472,23 ton susu segar.

Kabupaten Bandung menjadi kabupaten yang paling banyak menghasilkan susu segar di Jawa Barat. Menurut opendata.jabarprov.go.id, Kabupaten Bandung memproduksi 62.025 ton susu segar.

Kabupaten selanjutnya yang menghasilkan susu segar paling banyak di Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur.

3. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi ke-3 sebagai provinsi yang menghasilkan susu segar paling banyak di Indonesia. Menurut data BPS, Provinsi Jawa Tengah berhasil memproduksi 103.547,20 ton susu segar pada tahun 2022. Jumlah ini menurun dari data tahun 2021 yang menghasilkan 104.421,95 ton susu segar.

Kabupaten Boyolali menjadi kabupaten yang menghasilkan susu segar paling banyak di Jawa Tengah. Menurut BPS Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali menghasilkan 51.388,02 ton susu segar sapi perah pada tahun 2020.

Kabupaten selanjutnya yang menghasilkan susu segar terbanyak di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Banyumas.

4. Sumatera Utara

Provinsi ke-4 yang menghasilkan susu segar terbanyak di Indonesia adalah Provinsi Sumatera Utara. Menurut data BPS pada tahun 2022, Provinsi Sumatera Utara berhasil memproduksi susu segar sebanyak 8.980,41 ton. Jumlah ini meningkat dari data tahun 2021 yang menghasilkan 8.745,02 ton susu segar.

Kabupaten Karo menjadi kabupaten yang paling banyak menghasilkan susu segar di Provinsi Sumatera Utara. Menurut BPS Sumatera Utara, 2.425.680 kilogram susu sapi perah berhasil diproduksi oleh Kabupaten Karo pada tahun 2021.

Kabupaten yang menghasilkan susu segar paling banyak di Sumatera Utara lainnya yaitu Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya