SOLOPOS.COM - ilustrasi (seruu.com)

Solopos.com, SOLOKayu manis merupakan salah satu rempah yang paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Kayu manis diperoleh dari kulit pohon cemara yang dikenal sebagai Cinnamomum zeylanicum.

Jenis rempah satu ini banyak ditemui di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Terkenal dengan kekayaan rempahnya, Indonesia masuk dalam peringkat pertama alias nomor wahid sebagai produsen kayu manis terbesar di dunia.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Dilansir dari WorldAtlas, berikut daftar negara penghasil kayu manis terbesar di dunia:

1. Indonesia

Indonesia merupakan produsen kayu manis terbesar di dunia yang menyumbang 43% dari total produksi dunia pada tahun 2014. Indonesia menghasilkan lebih dari 90.000 ton kayu manis setiap tahunnya dengan penghasilan sekitar $85 juta.

Lereng Gunung Kerinci, di Sumatera menjadi tempat dimana pohon kayu manis banyak tumbuh. Bahkan, hampir semua kayu manis yang diproduksi di Indonesia berasal dari lereng gunung berapi tertinggi di Indonesia ini.

Kayu manis Kerinci populer karena kualitasnya yang tak tertandingi karena faktor-faktor seperti kandungan minyaknya yang tinggi.

2. China

China menyumbang 33% kayu manis dari total produksi dunia pada tahun 2014. Jenis kayu manis yang paling populer di China adalah varietas kayu manis Cassia.

Cassia memiliki rasa yang lebih kuat, lebih pekat, dan lebih pedas daripada varietas Ceylon. Cassia China memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan Cassia Indonesia.

Di China, kayu manis ditanam dalam skala besar di provinsi Guangdong, Guanxi, Yunnan, dan Fujian.

3. Vietnam

Negara ini banyak menghasilkan kayu manis jenis Saigon yang juga berkerabat dekat dengan Cassia. Vietnam menyumbang 15% dari produksi kayu manis dunia atau sekitar 31.674 ton pada tahun 2014.

Kayu manis diproduksi di Vietnam baik untuk keperluan domestik maupun ekspor. Kayu manis Vietnam banyak diproduksi di daerah sekitar dataran tinggi tengah dan Vietnam bagian tengah, khususnya Provinsi Quang Ngai.

Kayu manis ditanam dalam skala besar dengan luas lahan berkisar antara 50.000 dan 100.000 hektare. Rempah kayu manis merupakan bahan penting untuk membuat makanan khas Vietnam yang dikenal dengan nama pho atau sejenis mi kuah.

4. Sri Lanka

Kayu manis Sri Lanka disebut-sebut sebagai pemilik kualitas kayu manis terbaik di dunia. Sri Lanka menyumbang 8% dari produksi kayu manis dunia atau sekitar 16.677 ton pada tahun 2014.

Hal ini menjadikannya salah satu produsen kayu manis terbesar di dunia. Budi daya kayu manis banyak ditemukan di sepanjang sabuk pantai dari Kaluthara hingga Mathara.

Beberapa perkebunan yang dapat ditemukan di sana ada Ratnapura dan Ambalangoda. Sekitar 25.000 hektare lahan di Sri Lanka merupakan perkebunan kayu manis. Namun, lahan perkebunan diketahui telah berkurang selama bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya