SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil berjoget Any Song Challenge. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, JAKARTA–Sejumlah nama masuk dalam jajaran tokoh yang memiliki elektabilitas paling tinggi untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

Berdasarkan simulasi yang dilakukan pada survei nasional Indikator Politik Indonesia, nama-nama tersebut meliputi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Nama keempat tokoh itu berada di urutan teratas tokoh yang dianggap pantas sebagai cawapres dari total 18 nama dalam simulasi semi terbuka pada survei Indikator Politik Indonesia.

“Ridwan Kamil peringkat pertama, tetapi selisihnya tidak terlalu jauh dibanding Sandi, AHY, dan Erick,” terang Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi pada rilis Dinamika Elektroal Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terakhir, Minggu (26/3/2023).

Pada survei yang dilakukan Februari 2023, elektabilitas Erick mengalami peningkatan tertinggi yakni menjadi 14,5%. Pada survei Desember 2022, elektabilitas mantan Presiden Klub Inter Milan itu tercatat 10,3%.

Selain empat nama itu, terdapat beberapa tokoh lainnya juga yang mencuat yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Burhanuddin menjelaskan nama-nama tokoh yang dinilai pantas menjadi cawapres itu untuk mendampingi tiga nama teratas yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai capres.

Mereka meliputi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Elektabilitas berdasarkan simulasi 34 nama, jadi top 3 tidak terlalu banyak perubahan, kecuali soal peringkat, itu pun dalam margin of error, antara Prabowo dan Anies Baswedan,” ulas Burhanuddin.

Survei dilakukan dengan populasi seluruh WNI yang memiliki hak pilih, dengan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Survei pertama 2023 dilakukan pada 9-16 Februari dengan sampel 1.220 orang dan margin of error sekitar 2,9%.

Lalu, survei kedua 2023 digelar pada 12-18 Maret dengan sampel 800 orang dan margin of error sekitar 3,5%.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ridwan Kamil Cawapres Favorit, Elektabilitas Erick Thohir Menanjak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya