SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTEN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memamerkan baju tahanan mereka. Ada empat baju tahanan yang nantinya bakal dikenakan oleh seluruh tersangka korupsi jika sudah masuk sel.

Baju-baju ini dipamerkan oleh KPK di Tanjung Lesung, Banten, Jumat (13/7/2012). Bahkan dua pimpinan KPK, Bambang Widjojanto, Busyro Muqoddas serta jubir Johan Budi beserta seorang pegawai Humas lembaga ini bersedia menjadi model baju tahanan ini.

Model baju ini bermacam-macam. Tiga model baju berupa kemeja, sedangkan satu lagi menyerupai polo shirt lengan panjang. Warnanya pun beragam, mulai dari orange, putih, hitam serta hitam berkerah kuning.

Bagian belakang baju ini bertuliskan ‘TAHANAN KPK’. Tepat di bawah tulisan itu ada lagi kalimat ‘Corruption Eradication Commision Republic of Indonesia’.

“Pemasangan ini untuk membangun efek jera,” kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.

Bambang mengakui, selama ini orang yang ditahan oleh KPK diperlakukan dengan sangat ‘lembut’. Padahal jika ini diberlakukan oleh penegak hukum lainnya, pasti sangat berbeda.

Bambang memastikan, baju-baju tahanan ini bakal dikenakan oleh setiap tahanan KPK. Lembaga ini sendiri tengah menggodok aturan untuk mempertegasnya.

Baju ini nantinya bakal dikenakan setiap tahanan begitu keluar dari rutan. Termasuk jika nanti ia harus meluncur ke pengadilan. “Tapi pas di depan pintu sidang, ia harus dilepas. Karena mereka harus merasa bebas dalam memberi kesaksian,” lanjut Bambang.JIBI/SOLOPOS/Detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya