SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal tenggelam (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Sebanyak 37 penumpang kapal TKI yang tenggelam di perairan Batam masih dalam pencarian tim SAR.

Solopos.com, JAKARTA — Tim Search and Rescue (SAR) gabungan dari Lanal Batam, Kantor SAR Batam, Polres Barelang, Polair, BPBD Provi Kepri, dibantu para nelayan, hingga Rabu (2/11/2016), terus melakukan evakuasi dan pencarian korban. Sebanyak 17 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dalam kecelakaan kapal speedboat pengangkut TKI di perairan Batam itu.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan saat ini para korban selamat dibawa ke posko di Tanjung Bemban, Batu besar, Kota Batam, Kepulauan Riau. “Update penanganan evakuasi korban akan disampaikan lebih lanjut berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi Kepulauan Riau,” ungkapnya dalam siaran pers, Rabu.

Sebelumnya, kapal speedboat yang mengangkut 93 orang TKI dari Johor, Malaysia, menuju Nongsa, Batam, itu telah tenggelam di Perairan Tanjung Bemban, Batu Besar Perairan Batam, Kepulauan Riau pada Rabu (2/11/2016) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Baca juga: Kapal TKI Tenggelam, 17 Orang Tewas.

Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi Riau yang ikut dalam proses evakuasi kapal tenggelam, data sementara jumlah penumpang 93 orang, di mana 17 orang ditemukan meninggal dunia, 39 orang berhasil dievakuasi selamat, dan 37 orang masih dalam pencarian. Speedboat berpenumpang TKI, lanjutnya, berangkat dari pelabuhan Johor pada pukul 03.40 waktu Malaysia.

Sekitar pukul 05.00 WIB, speedboat melintasi di perairan Tanjung Bemban Batu Besar menabrak karang sehingga oleng dan tenggelam. “Saat kejadian hujan deras disertai angin kencang sehingga gelombang cukup tinggi dan tidak aman bagi kapal-kapal kecil.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya