SOLOPOS.COM - Sejumlah pelamar di Job Fair 2023 yang diadakan Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Soloraya di Grah Soloraya, Rabu (15/2/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO–33 perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Soloraya memberi fasilitas kepada para pencari kerja melalui event Job Fair 2023, di Grah Soloraya, Rabu (15/2/2023).  

Ketua Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Soloraya, Saprudin Hamdani, menyebut event ini menjadi kolaborasi bersama perguruan tinggi di Soloraya. 

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Wujudnya adalah job fair bersama yang diikuti 38 perusahaan baik lokal maupun nasional, kalau kita tidak batasi mungkin bisa sampai 50 perusahaan,” terang dia kepada wartawan, Rabu (15/2/2023).

Saprudin mengatakan dari 33 perguruan tinggi yang tergabung dalam forum, terdapat 22 perguruan tinggi yang membuka stan di job fair tersebut. 

“Jadi kita berkolaborasi dengan universitas lain untuk membuka stan. Memang kita bersaing mencari mahasiswa baru, tapi kan ada hal-hal yang harus kita kolaborasikan. Tidak bisa sendiri,” kata dia.

Dia mengklaim event tersebut merupakan satu-satunya di Indonesia. “Total yang hadir ada 3.500 lebih. Yang mendaftar di online kemarin hampir 3.000,” kata dia.

Setidaknya melalui kerja sama antar perguruan tinggi ini, para alumni bisa terserap dan mendapat kerja. Dia mengatakan setidaknya ada ribuan lowongan kerja yang tersedia. 

“Target kami paling tidak 70% pelamar bisa diterima. Namun, untuk angka pasti baru bisa diketahui 13 hari setelah acara,” kata dia. 

Acara yang berlangsung 14-15 Februari 2023 ini memungkinkan para pelamar untuk melakukan proses pendaftaran secara online dan melakukan wawancara di tempat. 

“Tidak menutup kemungkinan ada yang langsung diterima. Kalau perusahaan butuh segara ya mungkin saja. Jadi orang datang ke sini itu bawa oleh-oleh pekerjaan,” ujar dia.

Salah seorang pelamar kerja asal Colomadu, Agil, mengaku sedang mencoba peruntungan melalui acara tersebut. Dia lulus dan menjadi sarjana sejak 2021.

“Sejak kuliah sudah kerja, ini niatnya lihat-lihat dulu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya