SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur asin. (halodoc.com)

Solopos.com, JAKARTA — Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dijadikan campuran ataupun olahan makanan oleh manusia. Selain rasanya yang lezat, telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Dilansir oleh yankes.kemenkes.go.id yang diakses pada Senin (24/7/2023), telur banyak mengandung asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Menjadi andalan hampir semua orang, kreasi makanan olahan telur banyak digemari oleh masyarakat, dari yang sederhana sampai berempah.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Selain mudah untuk dimasak dan dikreasikan, telur juga mudah didapatkan di warung hingga pasar raya. Berikut merupakan rekomendasi olahan dari telur yang wajib dicoba.

1. Rendang Talua

Rendang biasanya identik dengan daging sapi. Tetapi siapa sangka bahwa telur juga bisa dijadikan olahan rendang? Makanan khas dari Sumatra Barat ini tak kalah lezat dari rendang daging. Dengan bumbu yang sama, rendang telur memiliki tekstur yang berbeda dari rendang daging.

Jika rendang daging bertekstur empuk dan basah, maka rendang telur memiliki tekstur yang renyah dan kering. Telur dikocok bersama dengan tepung dan bumbu lalu didadar di atas wajan. Setelah itu telur akan dipotong menjadi kecil-kecil dan dimasak dengan bumbu rendang hingga mengering.

Rendang telur nikmat dimakan menggunakan nasi putih hangat. Makanan ini juga sudah menjadi oleh-oleh khas dari Payakumbuh Sumatera Barat karena awet dan cocok dibawa ke manapun sebagai oleh-oleh dan bekal.

2. Kerak Telor

Makanan khas orang Betawi ini memang tidak pernah punah dan masih banyak penggemarnya. Cita rasanya yang gurih dan lezat membuat penikmatnya tidak pernah bosan dan terus mencari keberadaan makanan legendaris ini.

Makanan ini terbuat dari nasi, telur, serundeng, dan bawang goreng yang dipadukan dan dimasak menggunakan anglo. Kerak telor merupakan makanan legendaris yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Makanan ini diciptakan oleh masyarakat Betawi pada tahun 1970-an.

3. Botok Telur Asin

Botok telur asin merupakan makanan yang berasal dari daerah Demak, Jawa Tengah. Masakan legendaris ini terbuat dari telur asin, tahu yang dihancurkan, kelapa parut, daun salam, cabai merah, cabai rawit, dan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, dan gula merah.

Bahan-bahan tersebut dicampur kecuali telur asin lalu diletakkan di atas daun pisang. Setelah telur asin dimasukkan, botok akan dikukus di atas api sedang selama 30 menit atau sampai matang. Setelah matang, dapat disajikan dan dimakan menggunakan nasi putih hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya