SOLOPOS.COM - Mahasiswa UKSW penerima pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berfoto bersama dengan WR PAK (2).

Solopos.com, SALATIGA – Tiga proposal mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil lolos dalam kompetisi aras nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Ferdy Samuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., Ph.D., mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi mahasiswa yang lolos dalam PKM.

“Kami mengapresiasi prestasi mahasiswa ini dengan rekognisi konversi SKS (Satuan Kredit Semester-red) sesuai dengan kurikulum Talenta Merdeka yang dicanangkan UKSW,” jelasnya saat ditemui belum lama ini.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) Giner Maslebu, S.Pd, S.Si, M.Si., mengungkapkan selain dapat mengonversinya dalam SKS, keikutsertaan mahasiswa dalam PKM ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kompetisi keilmuan pada aras nasional.

Giner menuturkan PKM mengakomodasi mahasiswa Indonesia untuk belajar, mengembangkan dan menerapkan hasil olah pengetahuan yang dipelajari dalam perkuliahan kepada masyarakat ilmiah dan umum.

“Dalam pengajuan proposal PKM sendiri, UKSW telah memfasilitasi semua proses mulai dari pelatihan PKM internal UKSW hingga review internal sampai unggah proposal,” terangnya.

Selanjutnya, mahasiswa yang lolos pendanaan akan mengerjakan kegiatan PKM sesuai dengan uraian dalam proposal yang diajukan dan akan dilakukan Monitoring-Evaluasi (Monev). Kemudian, dari laporan hasil Monev akan diseleksi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Giner Maslebu juga mengucap syukur dan menyampaikan apresiasinya atas lolosnya tiga proposal mahasiswa UKSW dalam PKM.

“Kita patut bersyukur terdapat tiga proposal yang lolos PKM dan kami berharap semua dapat lolos Pimnas. Selain itu kami juga berharap tahun depan akan ada lebih banyak proposal yang lolos mendapatkan pendanaan dan Pimnas,” imbuhnya.

3 Proposal

Adapun tiga judul proposal tersebut yaitu:

  1. Pengaruh Reduksi Kandungan Silika pada Karbon Aktif Serbuk Gergaji Kayu Jati (Tectona grandis L.f.) terhadap Penyerapan Limbah Laundry. Proposal dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM) dalam bidang PKM Riset Eksakta (PKM-RE) yang disusun Marturia Ester Tumbelaka, Cornelia Valin Juliane, Armanda Fitri Setiani, dan Iga Permata Sari, dengan Cucun Alep Riyanto, S.Pd., M.Sc., sebagai dosen pembimbingnya.
  2. Boardgame Kraton Battle: Mengenal Kerajaan Besar Nusantara Melalui Pembelajaran Gamifikasi. Proposal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Proposal tersebut masuk dalam bidang PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) yang disusun Leonardus Bagas Kurniawan, Sahesti Sri Wulandari, Santoso, Yosafat Setro Prakoso, dan Nabella Anggellita Setiyono dengan Dra. Emy Wuryani, M.Hum sebagai dosen pembimbingnya.
  3. Hubungan Citra Tubuh Negatif dan Perisakan Terhadap Kesejahteraan Spiritual pada Siswa SMP dan SMA di Salatiga dari Fakultas Teologi. Proposal tersebut masuk dalam bidang PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) yang disusun Gabriela Lumban Gaol, Bhatara Solimega Ritonga, Elifrida Nila Sari Sinambela dengan Yulius Yusak Ranimpi, M.Si, Ph.D, Psi., sebagai dosen pembimbingnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya