SOLOPOS.COM - Masjid Amirrul Mukminin Makassar. (Istimewa/dispora.makassarkota.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Memang benar jika tak sulit untuk menemukan masjid di Indonesia sebagai tempat beribadah umat Islam. Berbagai model dan bentuk bangunan masjid nyatanya juga mampu menjadi daya tarik wisata.

Jika di tahun 2022 Indonesia memiliki dua ikon masjid baru yakni Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo dan Masjid Al-Jabbar yang ada di Bandung, Jawa Barat, sebelumnya Indonesia juga mempunyai bangunan masjid yang unik dan ikonik dengan ciri khasnya sebagai bangunan terapung.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kali ini, Solopos.com akan membagikan untuk Anda 3 masjid terapung di Indonesia yang memiliki desain estetik.

1. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid Amirul Mukminin, Makassar
Masjid Amirul Mukminin, Makassar (makassarkota.go.id)

Daftar pertama masjid apung yang ada di Indonesia adalah Masjid Amirul Mukminin yang ada di anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.

Melansir dari laman makassarkota.go.id, Kamis (6/4/2023), Masjid Amirul Mukminin dibangun di tahun 2009 pada masa pemerintahan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin di atas perairan dengan luas sekitar 1.600-an meter.

Masjid Amirul Mukminin mempunyai desain yang sangat cantik dan akan terlihat lebih indah jika Anda mengunjunginya di saat sore hari. Di halaman masjid terdapat deretan pohon ketapang yang membuat suasana menjadi terasa lebih sejuk.

Dengan pemandangan yang ditawarkan, jelas Masjid Amirul Mukminin layak untuk dijadikan tempat ngabuburit yang asyik saat Ramadan ini.

2. Masjid Amahami, Bima

Masjid Amahami, Bima
Masjid Amahami, Bima (pariwisatabima.go.id)

Selanjutnya, Masjid Amahami yang berada di Bima, Nusa Tenggara Barat juga masuk ke dalam salah satu masjid apung dengan desain yang menarik di Indonesia. Dikutip dari laman pariwisata.bimakota.go.id, masjid ini menjadi salah satu ikon pariwisata di Bima.

Masjid Amahami dibangun dengan mengusung konsep nggusu waru yang mempunyai makna tentang delapan karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Desain tersebut diaplikasikan pada bentuk atapnya yang sangatlah unik.

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di Masjid Amahami adalah sore hari. Anda akan disuguhi suasana Pantai Amahami yang tenang, dengan pemandangan gugusan bukit sembari menanti datangnya matahari terbenam.

3. Masjid Agung Oesman Al-Khair, Kalimantan Barat

Masjid Agung Oesman Al -Khair, Kayong Utara
Masjid Agung Oesman Al -Khair, Kayong Utara (Instagram/@bee_balqis)

Selain Sulawesi dan Nusa Tenggara, Kalimantan juga mempunyai masjd apung yang tak kalah megah dan cantik. Adalah Masjid Agung Oesman Al-Khair yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Bangunan berwarna putih yang mempunyai bentuk menyerupai Taj Mahal itu berdiri di atas perairan di Kawasan Pantai Sukadana. Dibangun pada masa pemerintahan H. Hildi Hamid, Masjid Agung Oesman Al-Khair diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di tahun 2016.

Sebagaimana dilansir dari laman kalbarprov.go.id, salah satu ikon pariwisata Kalimantan yang satu ini bahkan pernah masuk ke dalam nominasi wisata halal oleh Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2019 lalu.

Setiap tahunnya, Masjid Agung Oesman Al-Khair selalu digunakan untuk ibadah Salat Idulfitri dan tak pernah sepi dikunjungi jemaah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya