SOLOPOS.COM - Pelaksanaan UTBK hari pertama di UPT TIK UNS Solo, Selasa (30/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 29.786 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang berlokasi di UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

UNS Solo merupakan salah satu dari 74 Pusat UTBK di Indonesia. UTBK ini digelar serentak secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ketua Pusat UTBK UNS sekaligus Plt. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Ahmad Yunus mengatakan bahwa UNS saat ini menyelenggarakan UTBK di 14 lokasi yang tersebar di kampus-kampus UNS, termasuk di Kampus Mesen dan di Kampus Pabelan.

“Kami bertugas menyelenggarakan ujian sebanyak 14 sesi di Gelombang I dan 14 sesi di Gelombang II. Total kapasitas ruang ujian kami sebanyak 1.125 peserta per sesi, termasuk di antaranya ada ruang khusus untuk peserta dengan kebutuhan khusus,” kata Yunus dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024). 

Sesuai jadwal, UTBK Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) akan diselenggarakan dalam dua gelombang yaitu gelombang 1 yang digelar pada 30 April dan 2-7 Mei 2024 serta gelombang 2 yang akan diselenggarakan pada 14-20 Mei 2024. Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 di UNS dibagi menjadi dua sesi setiap hari. 

Sesi pagi dimulai dari pukul 06.45 WIB hingga 10.30 WIB. Sementara itu sesi siang diawali pukul 12.30 WIB hingga 16.15 WIB (kecuali hari Jumat, pukul 13.15 WIB hingga 17.00 WIB). Adapun Materi ujian UTBK tahun ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran Matematika. 

Ditemui di sela-sela melakukan monitoring pelaksanaan UTBK pada hari pertama Selasa (30/4/2024), Plt. Rektor UNS, Chatarina Muliana, mengatakan fasilitas ruang ujian yang disediakan oleh panitia sudah sangat memadai, sehingga peserta dapat nyaman dalam mengerjakan soal-soal UTBK. “Panitia juga sudah menyiapkan komputer cadangan di setiap ruang ujian,” terang dia.

Chatarina berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak tergiur dengan oknum yang menjanjikan diterima pada program studi tertentu dengan membayar sejumlah uang. Dia mengatakan UTBK SNBT dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan.

“Jangan percaya kalau ada yang mengiming-imingi dengan membayar sejumlah uang lalu diterima. Kami berharap semua peserta UTBK tidak percaya dengan tawaran tersebut dan melakukan proses UTBK sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” kata dia.

Untuk mengantisipasi perjokian, panitia UTBK di UNS memastikan peserta yang mengikuti UTBK sesuai dengan foto kartu peserta. Chatarina berharap pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2024 di UNS baik gelombang 1 maupun gelombang 2 dapat berjalan lancar. “Saya berharap semoga UTBK lancar, tidak ada gangguan sampai gelombang 2 nanti,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya