SOLOPOS.COM - Sejumlah guru mengikuti tes tertulis dalam ajang OGN 2017 Tingkat Kota Solo di SMPN 2 Solo, Rabu (10/5/2017). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Seleksi Olimpiade Guru Nasional Kota Solo diikuti 239 guru.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 239 guru dari berbagai sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Solo berkompetisi dalam ajang Olimpiade Guru Nasional (OSN) 2017 Tingkat Kota Solo, Rabu (10/5/2017). Tes tertulis digelar di SMP Negeri (SMPN) 2 Solo.

Promosi Inaugurasi Desa BRILiaN Batch 1 2024, BRI Beri Apresiasi Bagi 40 Desa Terpilih

Ditemui wartawan di SMPN 2 Solo, Kepala Bidang (Kabid) Pendidik dan Tenaga Pendidik (PTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Sulardi, mengemukakan, dari 239 guru yang mengikuti OGN tahun ini, 15 guru SD yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan di Kota Bengawan.

“Masing-masing kecamatan mengirimkan 3 orang yang sudah melalui seleksi di tingkat kecamatan,” terang Sulardi di sela-sela lomba.

Sedangkan 224 guru lainnya merupakan guru SMP untuk beberapa mata pelajaran (mapel), yaitu 43 guru Bahasa Indonesia, 44 guru Bahasa Inggris, 47 guru Matematika, 44 guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan 46 guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

“Dalam lomba ini, 27 SMP negeri mengirimkan perwakilannya, sedangkan untuk SMP swasta ada 22 sekolah yang mengirimkan perwakilannya,” ungkapnya.

Sulardi menambahkan dari 239 guru yang mengikuti tes tertulis OGN Rabu tersebut, yang menjadi juara 1, juara 2, dan juara 3 akan mewakili Kota Solo maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Materi tes tertulis meliputi kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik.

Ke depan lanjutnya, pemerintah mendorong penyelenggaraan OGN agar dapat diikiti guru semua mapel. “OGN merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme dan kinerja guru. Juga untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya di kalangan guru SD dan SMP,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya