SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Data sementara dari Posko Satkorlak Kantor Gubernur Sumatra Barat sampai Kamis (1/10), pukul 11:00 WIB tercatat 215 tewas akibat gempa di tiga daerah yaitu Padang 139 orang, Kabupaten Padang Pariaman 62 orang, dan Kota Pariaman 14 orang.

Berdasarkan pantauan diperkirakan ribuan orang masih terjebak di reruntuhan bangunan seperti di kawasan Mara Palam Padang, Kantor Adira Finance Sawahan Padang, sejumlah Ruko di Sawahan Kota Padang, Mesjid Nurul Iman, Apotik Sari di depan Mesjid Nurul Iman, dan Gedung Kursus Gama.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Bupati Padang Pariaman Muslim Kasim mengatakan, di daerahnya ada sekitar tujuh kecamatan yang paling paling parah dilanda gempa yaitu Padang Sago, Sugai Geringging, Aurmalintang, Kampung Dalam, Ulakan, 2×12 Enam Lingkung, dan Tapakis,

“Saat ini kecamatan itu masih terisolir karena jalan akses menuju kecamatan itu terputus,” katanya yang berharap ada pasokan bantuan melalui angkutan udara untuk menembus isolasi daerah itu.

Sejumlah kabupaten lain di Sumbar yang terkena dampak gempa yaitu  Kabupaten Pessel, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok, dan Kota Solok. Data korban gempa dari daerah itu masih belum masuk ke Satkorlak di Kantor Gubernur Sumatra Barat.

Gubernur Sumber Gamawan Fauzi, melakukan eksposes data ini dihadapan Mendagri Mardianto, Menteri Perindustrian Fahmi Idris, Menhub Jusman Syafii Jamal.

Berdasarkan pantauan, jalan-jalan di Kota Padang masih lengang, sejumlah jalan mengalami keretakan dan ribuan tiang listrik yang roboh masih belum diperbaiki sehingga distribusi listrik masih mengalami gangguan.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya