SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

JAKARTA-Kementerian Perhubungan menargetkan pada 2016 semua maskapai penerbangan di Indonesia menggunakan bahan bakar pesawat campuran avtur dan biofuel guna menekan emisi gas dari penggunaan bahan bakar pesawat.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti S. Gumay mengungkapkan pemerintah menargetkan pada 2013 hingga 2016 mulai melakukan studi, riset dan uji coba, sementara sertifikasi akan dimulai pada 2016 hingga 2018.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami menargetkan pada 2016 semua maskapai penerbangan dapat melakukan uji coba menggunakan 1% hingga 2% biofuel dan sisanya menggunakan avtur,” kata Herry di sela-sela jumpa pers International Green Aviation Conference 2013 di Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Kemenhub juga menargetkan pada 2020 dapat meningkatkan penggunaan biofuel hingga 3% pada sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia. Dia mencontohkan beberapa maskapai penerbangan di Eropa telah melakukan uji coba selama 6 bulan dengan menggunakan biofuel hingga 50%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya