SOLOPOS.COM - UDB Solo menyelenggarakan workshop tentang implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada 31 September 2022-1 Oktober 2022. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta sudah menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada tahun akademik 2020/2021.

Universitas Duta Bangsa Surakarta telah menetapkan kebijakan tentang implementasi MBKM melalui SK Rektor No.031/UDB/A.34-PR/XI/2020 tahun 2020. Kebijakan itu diimplementasikan mulai tahun akademik 2020/2021.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

UDB Solo sudah menerapkan kebijakan itu karena terkait perintah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentang Implementasi MBKM.

“UDB Solo telah melaksanakan berbagai kegiatan MBKM, antara lain, penyusunan kebijakan, re-design kurikulum, sosialisasi MBKM, pelatihan MBKM, hibah MBKM, Permata Sakti, hibah RPL, dan program bangkit,” kata Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Singgih Purnomo, melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (7/11/2022).

Singgih menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut telah dilaksanakan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan UDB Surakarta. Namun, dia mengakui bahwa pelaksanaan kegiatan MBKM tersebut masih terdapat kendala.

Baca Juga : Prodi Sistem Informasi UDB Solo Kembangkan Pembelajaran Berbasis Pengalaman

“Pengalaman dosen dan tenaga kependidikan di dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan MBKM masih kurang optimal. Oleh sebab itu diperlukan kesiapan matang dari seluruh unsur pengelola univeritas, baik di bidang akademik mapun nonakademik, program studi, dan dosen,” tuturnya.

Ia berharap dengan persiapan matang maka UDB Solo dapat menjamin hak mahasiswa selama mengikuti proses pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, UDB Solo menyelenggarakan workshop tentang implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) pada 31 September 2022-1 Oktober 2022. Kegiatan workshop dibuka Rektor UDB Surakarta, Singgih Purnomo.

Workshop menghadirkan dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Intiyas Utami dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Dr. R. M. Sisdarmanto Adinandra, dari Universitas Islam Indonesia (UII).

Prof. Intiyas Utami menyampaikan tentang Peningkatan Pengelolaan dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal yang Terintegrasi. Sisdarmanto Adinandra menyampaikan tentang Penguatan Pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Sistem Manajemen MBKM Terintegrasi.

Baca Juga : Universitas Duta Bangsa Solo Susun SPMI Demi Jamin Mutu Internal

“Dalam workshop peserta memperoleh banyak masukkan dari narasumber. Kegiatan workshop ini merupakan salah satu dari rangkaian Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PKKM) Liga Tiga tahun anggaran 2021.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya