SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Washington--Jumlah total pasukan asing yang tewas di Aghanistan telah melampaui 2 ribu orang, sejak perang itu dimulai pada akhir tahun 2001 silam. Sebagian besar merupakan pasukan AS.

Menurut www.iCasualties.org, situs independen yang memonitor kematian pasukan asing, sebanyak 2.002 pasukan telah tewas sejak tahun 2001.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dari jumlah itu, lebih dari 60 persen merupakan pasukan AS, yakni sebanyak 1.226 prajurit AS. Inggris kehilangan 331 tentara. Sisanya 445 orang merupakan prajurit-prajurit dari 44 negara koalisi lainnya.

Angka tersebut sama dengan perhitungan yang dilakukan Reuters. Menurut iCasualties seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (16/8), bulan Juni 2010 merupakan bulan paling mematikan selama perang Afghanistan. Sebanyak 102 tentara asing tewas dalam bulan tersebut.

Menurut iCasualties, total pasukan asing yang telah terbunuh tahun ini hingga kini telah mencapai 434 orang.

Angka kematian pasukan asing di Afghanistan jauh di bawah jumlah kematian pasukan asing di Irak. Setidaknya 4.723 pasukan asing telah tewas dalam perang Irak sejak tahun 2003. Dari jumlah itu, sebanyak 4.405 orang merupakan prajurit AS.

Presiden AS Barack Obama telah menjanjikan peninjauan strategi perang di Afghanistan pada Desember mendatang setelah pemilihan kongres.

Obama telah mengirimkan pasukan tambahan ke Afghanistan. Kongres AS mendukung peningkatan jumlah pasukan tersebut.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya