SOLOPOS.COM - Ilustrasi Gunung Merbabu (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Dua pendaki yang hilang kontak di Merbabu akhirnya ditemukan.

Solopos.com, SEMARANG —  Tim SAR gabungan akhirnya menemukan dua pendaki yang dikabarkan tersesat di Gunung Merbabu sejak Sabtu (13/5/2017). Kedua pendaki tersebut yakni Angga dan Inggil ditemukan Selasa (16/5/2017) pagi sekitar pukul 09.15 WIB.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Kepala Basarnas Jateng Agus Haryono dalam siaran pers yang diterima , mengatakan proses evakuasi sedang dilakukan tim SAR gabungan mengingat kondisi penemuan korban berada di perengan jurang. (baca: 2 Pendaki Hilang Kontak di Gunung Merbabu)

“Satu korban atas nama Inggil, 17, dikabarkan mengalami luka di beberapa bagian tubuh sehingga harus mendapatkan pertolongan medis untuk turun, sementara satu survivor lainnya atas nama Angga dalam kondisi fisik masih sehat,” kata Agus Haryono.

Komandan Basarnas di lapangan Hardi Amanurijal menambahkan kedua survivor tersebut ditemukan oleh tim dua yang melakukan penyisiran via barat dari jalur Tekelan. “Penemuan korban sendiri berada di daerah Watu Gubuk dan rencana korban akan dievakuasi via jalur Tekelan,” ujar dia.

Sebelumnya,  rombongan yang terdiri dari 12 orang berangkat dari Salatiga, Sabtu pekan lalu sekitar pukul 16.00 WIB, dan tiba di lokasi base camp Dusun Cuntel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, pada pukul 19.30 WIB. Rombongan kemudian melanjutkan mendaki dan pada pukul 24.00 mereka sampai di pos tiga gunung Merbabu.

Pada Minggu (14/5/2017) mereka tiba di pos empat sekitar pukul 10.00. Namun yang melanjutkan ke pos empat hanya sepuluh orang, sedangkan dua lainnya istirahat di pos tiga.

Selanjutnya, mereka turun kembali ke pos tiga dan langsung menuju base camp Cuntel. Saat turun dari pos tiga, Angga dan Inggil mendahului berjalan. Akan tetapi setelah rombongan kedua sampai di base camp Cuntel, ternyata Angga dan Inggil belum sampai, Sementara ponsel kedua pendaki tidak aktif dan tidak bisa dihubungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya