SOLOPOS.COM - Dirut PT Daya Radar Utama Agus Gunawan (kiri) , Direktur Utama PT Dumas Tanjung Perak Shipyard, Yance Gunawan (dua kanan) didampingi Senior Vice President Shipping M Yudhi (kanan), Direktorat Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Terapan (UBTT), Budi Darmadi (kedua dari kiri) mengamati maket kapal dengan latar belakang kapal tanker Merauke berbobot 3.500 long ton dead weight (LTDW) di sela-sela penyerahan kapal itu kepada PT Pertamina (Persero) oleh PT Dumas Tanjung Perak di Pelabuhan Nilam Barat, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/10/2013). (JIBI/Solopos/Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, SURABAYA — Armada PT Pertamina (Persero) bertambah dua kapal tanker baru bikinan dalam negeri. Kedua kapal tanker itu adalah kapal Merauke berbobot 3.500 long ton deadweight (LTDW) dan kapal Kasim yang berbobot 6.500 LTDW.

VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir di sela-sela penerimaan kapal di Surabaya, Selasa (1/10/2013), menyatakan kapal Merauke dibangun PT Dumas Tanjung Perak. Sedangkan kapal Kasim dibangun PT Dok dan Perkapalan Surabaya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Dengan diserahkan dua kapal hari ini kapal milik Pertamina menjadi 59 unit dari 200 unit kapal yang dioperasikan 2013,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pertamina menandatangani kontrak pengadaan kapal 17.500 LTDW untuk pengangkutan minyak mentah yang dikerjakan PT Daya Radar Utama Unit III Lamongan. “Pertamina secara konsisten menjaga kepatuhan azaz cabotage dalam memberdayakan bisnis maritim,” tegasnya soal alasan pemesanan kapal dari dalam negeri.

Dia menambahkan, hingga akhir 2015, perseroan merencanakan memiliki 70 kapal milik sendiri. Sebanyak 31 kapal merupakan produk nasional. Hingga kini ada 26 kapal produksi dalam negeri beroperasi dan 5 unit masih dalam tahap konstruksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya