SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO-Sebanyak 153 guru di Kota Solo yang mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2012, tahap I-IV, harus mengulang ujian PLPG. Pasalnya mereka dinyatakan tidak lulus.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Sulardi, mengungkapkan jumlah peserta PLPG asal Kota Solo dari tahap I-IV, sekitar 320 orang. Setiap tahap, rata-rata diikuti 80 guru. “Kali ini jumlah peserta yang tidak lulus termasuk banyak,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (23/8/2012).

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Ujian PLPG yang diulang, ungkapnya, berbeda untuk setiap guru. Hal itu tergantung pada mata uji apa, guru tersebut tidak lulus. Ada guru yang mengulang ujian tulis, ada yang mengulang ujian praktik mengajar. Mulai Jumat (24/8) pukul 09.00 WIB, peserta yang mengulang PLPG bisa mengambil surat tugas mengulang PLPG di Bagian PTK, Disdikpora Solo. Sulardi mengaku belum tahu kapan jadwal ujian ulang PLPG tersebut.

Jika setelah diberi kesempatan mengulang ujian, guru tersebut tetap dinyatakan tidak lulus, ungkapnya, berarti guru tersebut tidak lulus PLPG. Akibatnya, ia tidak bisa menerima tunjangan sertifikasi mulai 2013. Nantinya guru tersebut harus menunggu satu tahun, untuk mengikuti PLPG lagi. “Tahun 2014 mereka bisa ikut PLPG lagi,” ungkapnya.

Salah seorang peserta PLPG tahun 2012, Asmuni, mengungkapkan ujian PLPG meliputi ujian tulis dan praktik mengajar. Sebenarnya materi ujian sudah diajarkan semua saat PLPG. “Mungkin karena faktor kelelahan, banyak guru yang tidak lulus,” jelasnya.

Ia menceritakan selama PLPG peserta harus mengikuti pendidikan dan latihan selama 10 hari. Setiap hari diklat dimulai pukul 07.00-17.00 WIB. Ia sendiri belum tahu apakah dirinya lulus PLPG atau tidak. Asmuni termasuk peserta PLPG tahap VII. Tahun ini, imbuh Sulardi, pelaksanaan PLPG bagi guru asal Kota Solo sudah selesai. PLPG tahap VIII atau tahap terakhir, digelar 3-12 Agustus. Namun pengumuman lulus tidaknya peserta PLPG, baru sampai peserta PLPG tahap keempat.

Khusus Rayon 113 UNS, PLPG digelar di beberapa tempat. Antara lain Hotel Pramesti, Hotel Grand Setiakawan, Hotel Idah Jaya, Hotel Riyadi, Hotel Grand Orchid, De Solo, Wisma Teratai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya