SOLOPOS.COM - Pelepasan siswa SMP Budi Utomo Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 146 siswa SMP Budi Utomo Solo resmi menyandang sebagai alumni setelah menjalani prosesi Pelepasan Peserta Didik Kelas IX Angkatan IV 2022/2023 di Emerald Grand Ballroom Solo Paragon Hotel & Residences, Rabu (14/6/2023). 

Kepala SMP Budi Utomo Solo, Danang Aji Sulistyono, mengatakan setelah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan menengah pertama bukan menjadi akhir melainkan awal untuk terus belajar.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Momen pelepasan ini memang akhir di jenjang SMP namun menjadi anak tangga berikutnya untuk naik di jenjang SMA/SMK,” kata dia dalam sambutan, Rabu (14/6/2023).

Danang menambahkan para siswa sudah cukup mendapatkan bekal ilmu melalui kurikulum nasional yang sudah diintegrasikan dengan kurikulum Pondok Pesantren Budi Utomo.

“Kita juga memberikan pembinaan akhlak, budi pekerti dan karakter para siswa sehingga menghasilkan siswa yang jujur dan amanah,” tambah dia.

Danang menyebut sebanyak 146 siswa yang dilepas terdiri atas 77 siswa dan 69 siswi yang telah dinyatakan lulus. SMP Budi Utomo menggelar acara Pelepasan Peserta Didik Kelas IX kali kedua setelah wabah pandemi berakhir. 

Hampir seluruh wali murid bisa menghadiri acara tersebut. Padahal banyak di antara para peserta didik yang berasal dari luar daerah, termasuk luar pulau Jawa.

Dewan Pendidikan Yayasan Budi Utomo Solo, Muhammad Thoyibun, menyebut SMP Budi Utomo Solo masih baru. Meski begitu, sudah banyak mencetak prestasi baik akademik maupun nonakademik.

Dia mengatakan salah satu pencapaian yang membanggakan adalah salah satu siswa ditunjuk langsung oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Pembina Upacara di HUT Solo ke-278 di Solo Safari, Sabtu (18/2/2023). Siswa tersebut yakni Shidiq Dwi Prasetyo yang turut mengikuti prosesi pelepasan.

“Saya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada para dewan guru yang telah membimbing, membina, mendidik dan berjuang sehingga mampu menorehkan prestasi baik akademik maupun nonakademik,” kata dia dalam sambutan.

Selain ucapan apresiasi dari Dewan Pendidikan Yayasan Budi Utomo Surakarta, dalam rangkaian acara tersebut juga turut melibatkan perwakilan dari orang tua murid yang memberikan ucapan syukur dan terima kasih kepada para guru.

Pelepasan berjalan dengan penuh haru dan bangga itu diakhiri dengan hiburan pertunjukan dari siswa Persinas ASAD, Tartilul Qur’an, dan English Club binaan SMP Budi Utomo Solo

Acara tersebut dihadiri sekitar 400 orang terdiri atas peserta didik, wali murid, serta tamu undangan. Turut hadir jajaran pengurus yayasan, pengawas kepala sekolah, dan Ketua DPD LDII Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya