SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintas di jalur contra flow jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021). (ANTARA/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 1.276.008 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada kurun waktu 17-24 Desember 2021 atau satu pekan sebelum natal.

PT Jasa Marga menghimpun data tersebut dari kumulatif arus lalu lintas (lalin) pada empat Gerbang Tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Dilansir dari Antara, Sabtu (25/12/2021), total volume kendaraan yang meninggalkan Jabotabek itu meningkat 7,6 persen dibandingkan periode November 2021. “Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek naik 7,6 persen jika dibandingkan lalin normal periode November 2021. Total 1.186.349 kendaraan,” tulis PT Jasa Marga sebagaimana dilansir dari keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu.

Baca Juga : Pengumuman! Malam Tahun Baru, Jalan ke Parangtritis Satu Arah

Jasa Marga memerinci persebaran kendaraan yang meninggalkan Jabotabek tersebut. Sebanyak 587.503 kendaraan atau 46,0 persen menuju arah timur atau Trans Jawa dan Bandung.

Sebanyak 398.923 kendaraan atau 31,3 persen menuju arah barat atau Merak. Selain itu 289.582 kendaraan atau 22,7 persen menuju arah selatan atau Puncak.

Arah Timur

Volume kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni 304.966 kendaraan. Jumlah itu naik 13,4 persen dari lalin normal.

Baca Juga : Nataru, Jangan Coba-Coba Pakai Knalpot Brong di Solo Biar Ga Nyesel

Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang 282.537 kendaraan. Jumlah itu naik 8,6 persen dari lalin normal.

Total lalin yang meninggalkan Jabotabek menuju Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut 587.503 kendaraan. Jumlah tersebut naik 11,0 persen dari lalin normal.

Arah Barat

Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 398.923 kendaraan. Jumlah itu naik 3,7 persen dari lalin normal.

Baca Juga : 409 Napi di Jateng Dapat Remisi Natal, 5 Orang Langsung Bebas

Arah Selatan

Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 289.582 kendaraan. Jumlah itu naik 6,2 persen dari lalin normal.

“Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, isi bahan bakar minyak dan saldo uang elektronik cukup. Patuhi rambu-rambu dan arahan petugas dan istirahat jika lelah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya