SOLOPOS.COM - Hotel Meruorah berlokasi di Kawasan Marina, Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi lokasi KTT Ke-42 ASEAN pada hari Selasa-Rabu (9-11/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, LABUAN BAJO — Sebanyak 12 ekor anjing pelacak K9 disiagakan Direktorat Satwa Korps Sabhara Baharkam Polri untuk mengamankan jalannya KTT Ke-42 ASEAN 2023 pada hari Selasa-Rabu (9-10/5/2023).

Belasan anjing pelacak disiagakan di sekitar area Hotel Meruorah yang menjadi pusat lokasi KTT ASEAN.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Hotel Meruorah berlokasi di Kawasan Marina, Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pejabat sementara Perwira Administrasi Detasemen K9, Aiptu Totok Setyono mengatakan pihaknya menempatkan sejumlah anjing pelacak K9 itu di sekitar area Hotel Meruorah.

“Kegiatan kami adalah mendeteksi semua kegiatan atau ancaman yang berbau bahan peledak. Kami sterilisasi menggunakan K9 Ditpolsatwa Korps Sabahara,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya melaksanakan sterilisasi bersama dengan Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polri dan Paspampres.

Ia menjelaskan pihaknya hanya terlibat sebagai tim deteksi yang tergabung dalam Satgas Preventif Operasi Komodo 2023, kemudian tergabung dalam unit penjinak bom Polri dan Paspampres.

Menurut dia, objek yang menjadi sasaran pemeriksaan atau sterilisasi dari K9 adalah venue-venue pelaksanaan KTT ASEAN mulai dari hotel, bandara, hingga lokasi lainnya.

“Kegiatan yang kami lakukan adalah melaksanakan pemeriksaan di seluruh area yang menjadi objek atau venue yang dijadikan sebagai tempat kegiatan KTT Ke-42 ASEAN, termasuk di hotel-hotel, bandara, atau di tempat-tempat lain yang digunakan dalam kegiatan ini,” ujar dia.

Selain menyiapkan 12 anjing pelacak K9, pihaknya juga membawa 35 personel pawang anjing pelacak tersebut yang semuanya berasal dari Direktorat Satwa Korps Sabhara Polri.

Sebanyak 12 ekor anjing pelacak K9 disiagakan Direktorat Satwa Korps Sabhara Baharkam Polri untuk mengamankan jalannya KTT Ke-42 ASEAN pada hari Selasa-Rabu (9-10/5/2023). (Antara)

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy mengatakan bahwa H-1 puncak pelaksanaan KTT ASEAN situasi keamanan di NTT, khususnya di Labuan Bajo dan sekitarnya, aman terkendali.

Ia mengimbau masyarakat ikut membantu menjaga kelancaran pelaksanaan KTT ASEAN karena pertemuan 11 kepala negara ASEAN di Labuan Bajo mengharumkan nama bangsa sekaligus memperkenalkan NTT, khususnya Labuan Bajo, ke ASEAN.

Hotel Meruorah yang menjadi lokasi KTT ASEAN 2023 berlokasi di Kawasan Marina, Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Hotel ini memiliki lokasi yang sangat strategis. Jarak tempuh dari Bandara Internasional Komodo hanya sekitar 2,5 kilometer saja.

Pengunjung cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 menit untuk sampai di lokasi hotel.

Fasilitas yang dimiliki Hotel Meruorah tentu sangat lengkap sehingga hotel ini dipilih menjadi venue utama KTT ASEAN 2023.

Sebelumnya diberitakan, PT Angkasa Pura I Persero (AP I) menyiapkan 36 tempat parkir di empat bandara untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Perinciannya, 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung.

AP I menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan enam tempat parkir dengan konfigurasi enam pesawat berbadan sempit.

Pesawat berbadan sempit merupakan pesawat berlorong tunggal yang umumnya digunakan untuk penerbangan dengan jarak dekat-menengah, baik itu penerbangan domestik maupun internasional.

Kemudian, Bandara El Tari Kupang dengan empat tempat parkir dengan konfigurasi dua pesawat berbadan sempit dan dua pesawat berbadan kecil serta Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan delapan tempat parkir dengan konfigurasi delapan pesawat berbadan sempit.

Sedangkan untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, AP I telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu.

Untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional serta delegasi yang menggunakan penerbangan sewa dan jet pribadi akan dilayani melalui general aviation terminal (GAT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya