SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)–Sebanyak 102 SMP berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia siap menjadi SMP berstatus Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

Ketua Forum RSBI Nasional SMP, Sutomo, mengungkapkan 102 SMP RSBI yang siap jadi SBI itu merupakan SMP RSBI yang berdiri pada tahun pertama, 2007.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Tapi bagaimana kelanjutannya tergantung hasil monitoring dan evaluasi SMP RSBI,” terangnya saat ditemui wartawan di sela-sela acara kunjungan kepala sekolah SMP RSBI se-Indonesia di SMPN 1 Solo, Rabu (26/10/2011).

Monitoring dan evaluasi itu, terangnya, mencakup penilaian pada delapan standar nasional pendidikan ditambah nilai plus lainnya yang dimiliki setiap sekolah.

Konsultan Direktorat Pembinaan SMP, Kemendikbud, Kir Haryana, mengungkapkan akhir tahun ini akan ada verifikasi dan penilaian SMP RSBI menuju SMP SBI. Penilaian akan menggunakan indikator kinerja kunci minimal yaitu delapan standar nasional pendidikan ditambah indikator kinerja kunci tambahan. Penilaian tersebut mencakup kinerja sekolah dan profil sekolah.

“Sekolah yang akan ditetapkan sebagai SBI hanya sekolah yang nilainya memenuhi standar,” jelasnya.

Saat ini, ungkapnya, ada 351 SMP RSBI di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 268 adalah SMP RSBI negeri.

(ewt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya