SOLOPOS.COM - Rektor UNS, Ravik Karsidi (lima dari kanan) berpose dengan alumni UNS penerima penghargaan di gedung rektorat UNS,Solo, Minggu (10/3/2013). Redaktur Senior SOLOPOS, Mulyanto Utomo (kiri) salah satu penerima penghargaan tersebut. Penghargaan itu diberikan dalam rangka Dies Natalies UNS yang ke 37 tahun. (JIBI/SOLOPOS/Maulana)

Rektor UNS, Ravik Karsidi (lima dari kanan) berpose dengan alumni UNS penerima penghargaan di gedung rektorat UNS,Solo, Minggu (10/3/2013). Redaktur Senior SOLOPOS, Mulyanto Utomo (kiri) salah satu penerima penghargaan tersebut. Penghargaan itu diberikan dalam rangka Dies Natalies UNS yang ke 37 tahun. (JIBI/SOLOPOS/Maulana)

SOLO–Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberikan penghargaan kepada 100 alumni yang dinilai terbaik di bidangnya. Pengumuman dan penyerahan tanda penghargaan dilakukan dalam acara yang dilangsungkan di Auditorium UNS, Minggu (10/3/2013) malam.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Di antara alumni yang menerima penghargaan itu ada Redaktur Senior Harian Umum SOLOPOS, Mulyanto Utomo; Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS),  Bambang Setiaji; Sekjen MK, Janedri M Gaffar; Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Tindak Pidana, Widyopramono; Seniwati, Sruti Respati dan Anggota DPR, GKR Wandansari atau Mbak Moeng.

Pembantu Rektor (PR) III UNS, Dwi Tiyanto, di sela-sela acara penyerahan penghargaan itu mengatakan para alumni UNS wajib mempunyai empat kriteria utama agar bisa menerima penghargaan alumni terbaik. Keempat kriteria itu meliputi kepemimpinan, kepeloporan, integrasi moral dan keterpopuleran.

Menurutnya, hanya kandidat yang memenuhi kriteria dengan nilai tertinggi yang berhak menyandang penghargaan. “Jadi seluruh dekan mengusulkan kandidat alumni kepada rektor. Selanjutnya, rektor yang melakukan penilaian sesuai kriteria,” ujarnya.

Dia membeberkan empat kriteria penilaian alumni terbaik UNS satu per satu. Misalnya, dalam kriteria kepemimpinan, seorang alumni harus mampu memimpin perusahaan, instansi pemerintah atau kepala daerah. Kriteria penilaian lainnya yakni integritas moral. Dalam hal ini, alumni terbaik UNS tidak pernah terlibat kasus hukum, korupsi atau norma sosial.

Selain itu, salah satu kriteria penilaian yakni keterpopuleran. Seorang alumni terbaik UNS harus dikenal luas oleh masyarakat. “Empat kriteria wajib dimiliki para alumni terbaik. Mereka tidak hanya menjadi pemimpin namun juga memberi sumbangsih kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNS, Ravik Karsidi, menuturkan alumni UNS berjumlah 128.700 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pihaknya memberikan penghargaan sebagai wujud apresiasi kepada para alumni terbaik UNS yang telah bekerja keras demi bangsa Indonesia.

Pihaknya juga meminta agar para alumni yang tersebar di wilayah Indonesia memberikan sumbangsih kepada almamaternya, sehingga UNS menjadi universitas terkemuka di Indonesia. “Latar belakangnya, kami ingin menghargai jerih payah para alumni terbaik di bidang masing-masing,” terangnya.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh nasional dan pengusaha seperti Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo dan mantan Menteri Koperasi dan UKM di era kabinet reformasi, Adi Sasono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya